Operasi Caesar Itu Seperti Apa?

Operasi Caesar Itu Seperti Apa?Operasi caesar (bedah sesar) atau di dunia medis kita menyebutnya dengan sectio secarea adalah metode melahirkan yang melibatkan pembedahan. Bukannya melahirkan bayi melalui jalan lahir normalnya (vagina) tapi melalui jalan pintas pembedahan di daerah perut bagian bawah.

Operasi caesar dilakukan oleh dokter ahli kebidanan dan kandungan (Spesialis Obstetri dan Ginekologi) yang sangat terampil dan sudah berpengalaman, dilakukan di dalam ruangan operasi yang steril sehingga sangat aman. Continue reading “Operasi Caesar Itu Seperti Apa?”

Sakit Punggung Setelah Melahirkan, Begini Cara Mengatasinya

Sakit Punggung Setelah Melahirkan, Begini Cara MengatasinyaSelama hamil kita mengalami beberapa hal yang membuat kita tidak nyaman seperti saat duduk dan berbaring, merasa nyeri atau kram di perut bagian bawah, dll. Saat melahirkan kita juga harus menghadapi nyeri persalinan yang sakitnya tidak bisa kita gambarkan dengan kata-kata (apabila melahirkan normal).

Setelah melahirkan kita pun harus menghadapi nyeri pasca melahirkan, bisa nyeri di punggung (back pain), di pinggang, di daerah bawah (vagina dan anus) dan di dekat tulang ekor. Continue reading “Sakit Punggung Setelah Melahirkan, Begini Cara Mengatasinya”

Nyeri Atau Kram Setelah Melahirkan, Haruskah Kita Khawatir?

Nyeri Atau Kram Setelah Melahirkan, Haruskah Kita Khawatir?Setelah melahirkan ibu biasanya akan mengalami nyeri atau kram di perut yang kadangkala muncul. Nyeri/mulas pasca persalinan ini disebabkan oleh kontraksi rahim (uterus) untuk kembali ke ukuran normalnya sebelum hamil.

Ibu yang mengalami ini mungkin khawatir apakah ini normal atau tidak, apakah berbahaya atau tidak. Mudah-mudahan dengan penjelasan di artikel ini kita mengetahui apakah nyeri tersebut normal dan tahu bagaimana mengatasinya. Continue reading “Nyeri Atau Kram Setelah Melahirkan, Haruskah Kita Khawatir?”

Operasi Caesar, Saat Melahirkan Normal Tidak Memungkinkan

Operasi Caesar, Saat Melahirkan Normal Tidak MemungkinkanKita mungkin sudah tahu, operasi caesar biasanya dilakukan pada ibu yang sebelumnya pernah menjalani operasi caesar. Pernah menjalani operasi caesar, melahirkan berikutnya kemungkinan besar juga akan sesar. Ada banyak hal yang sebaiknya kita tahu tentang operasi caesar.

Dengan mengetahui tentang operasi caesar, mudah-mudahan Moms bisa membayangkan bagaimana prosedur tersebut dilakukan dan kenapa operasi caesar dilakukan sehingga kita bisa lebih siap kalau misalnya saat melahirkan harus menjalani operasi ini. Continue reading “Operasi Caesar, Saat Melahirkan Normal Tidak Memungkinkan”

Tentang Pemulihan Setelah Operasi Caesar

Semua Tentang Pemulihan Setelah Operasi CaesarMenjalani operasi caesar kita mungkin bertanya-tanya berapa lama pemulihan saya, berapa lama sampai luka bekas operasi sembuh, kapan saya keluar dari rumah sakit dan lain-lain.

Operasi caesar atau yang di dunia medis lebih dikenal dengan istilah sectio cesarea (atau c-section) adalah operasi yang cukup besar dan membutuhkan pemulihan yang cukup lama dibandingkan kalau kita melahirkan secara normal (per vagina). Continue reading “Tentang Pemulihan Setelah Operasi Caesar”

Ibu Hamil Boleh Makan Telur Dengan Memperhatikan Ini

Ibu Hamil Boleh Makan Telur Dengan Memperhatikan IniTelur adalah salah satu makanan yang paling baik untuk ibu hamil. Telur kaya akan protein bermanfaat untuk membentuk sel dalam tubuh ibu dan janin, selain itu telur juga mengandung vitamin dan mineral seperti kolin yang bermanfaat dalam pembentukan otak dan saraf bayi.

Karena kekayaan kandungan gizinya, makan telur dianjurkan untuk ibu hamil. Tapi tidak semua telur bisa dikonsumsi ibu hamil. Yang dimaksud disini bukan telur ayam atau telur ayam kampung, telur bebek dan lain-lain tapi apakah telur tersebut dimasak sempurna atau setengah matang. Continue reading “Ibu Hamil Boleh Makan Telur Dengan Memperhatikan Ini”

Ibu Hamil Boleh Makan Hati Ayam, Ini Jumlah Yang Diperbolehkan

Ibu Hamil Boleh Makan Hati Ayam, Ini Jumlah Yang DiperbolehkanSebenarnya tak banyak makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Prinsipnya adalah menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang serta tidak berlebihan. Vitamin yang baik untuk kehamilan pun seperti vitamin A dan asam folat tidak baik apabila dikonsumsi berlebihan.

Kita mungkin pernah mendengar kalau ibu hamil tidak boleh mengonsumsi hati baik hati ayam, hati sapi, hati babi atau hati kambing. Karena pernah mendengar ini ada ibu hamil yang mungkin tidak akan mau makan ati ampela atau jeroan yang mengandung hati. Continue reading “Ibu Hamil Boleh Makan Hati Ayam, Ini Jumlah Yang Diperbolehkan”

Vitamin A Dan Bahaya Konsumsi Berlebih Daging Hati Pada Ibu Hamil

Vitamin A Dan Bahaya Konsumsi Berlebih Daging Hati Pada Ibu HamilSaat hamil mau tidak mau Moms harus berhati-hati dengan apa yang dimakan. Apakah makanan ini aman atau tidak, apakah sehat dan bergizi untuk ibu hamil atau harus dihindari karena bisa berbahaya untuk ibu hamil dan janin. Vitamin A adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan saat hamil, ditemukan banyak pada buah dan sayur serta daging hati.

Sayangnya, setiap sesuatu yang berlebih tidak baik untuk kita. Hati ayam atau sapi yang diketahui banyak mengandung vitamin A ternyata tidak baik apabila dikonsumsi berlebihan. Continue reading “Vitamin A Dan Bahaya Konsumsi Berlebih Daging Hati Pada Ibu Hamil”

Hubungan Intim Setelah Melahirkan. Sakit, Berdarah Setelah Berhubungan Normalkah?

Hubungan Intim Setelah Melahirkan. Sakit, Berdarah Setelah Berhubungan Normalkah?Menjalani kehamilan lalu melalui proses persalinan yang melelahkan, berhubungan mungkin hal terakhir yang Moms inginkan. Tapi bukan berarti itu tidak akan terjadi. Cepat atau lambat, pasca melahirkan, kita akan kembali ke kehidupan normal dan akan memiliki keinginan untuk berhubungan.

Beberapa dari kita mungkin bingung atau malu untuk mengutarakan ‘keresahan’ terkait berhubungan pasca melahirkan. Tulisan ini mudah-mudahan bermanfaat untuk Moms dan Dads. Continue reading “Hubungan Intim Setelah Melahirkan. Sakit, Berdarah Setelah Berhubungan Normalkah?”

Manfaat Berjalan Kaki Yang (Mungkin) Banyak Ibu Hamil Belum Ketahui

Manfaat Berjalan Kaki Yang (Mungkin) Banyak Ibu Hamil Belum KetahuiBerjalan kaki adalah aktivitas atau olahraga sederhana yang manfaatnya sangat besar untuk ibu hamil. Sayangnya, banyak dari kita yang belum mengetahuinya atau memandang remeh dan merasa tidak perlu melakukannya.

Beban kehamilan membuat sebagian ibu hamil merasa sulit untuk meluangkan waktu melakukan olahraga ringan termasuk melakukan aktivitas sederhana ini. Kita harus sadar bahwa fase berikutnya yang akan dilalui oleh ibu hamil adalah melahirkan, dan untuk melaluinya dengan lancar kita harus mempersiapkannya sejak masa hamil. Continue reading “Manfaat Berjalan Kaki Yang (Mungkin) Banyak Ibu Hamil Belum Ketahui”