Tips Menjalani 3 Hari Pertama Bersama Bayi Baru Lahir

Tips Menjalani 3 Hari Pertama Bersama Bayi Baru Lahir

Hari-hari pertama bersama bayi adalah masa paling berat yang harus dihadapi oleh ibu baru. Belum hilang sakit dan lelahnya setelah melahirkan, kita dihadapkan dengan tanggung jawab baru, merawat bayi baru lahir.

Saat di rumah sakit, mungkin masih ada dokter atau perawat yang memonitor dan menjaga bayi kita. Setelah di rumah, tugas itu menjadi tanggung jawab kita.

Untuk mengatasi ini, Moms harus memegang prinsip, yang utama dan terpenting adalah Moms sendiri dan bayi. Hal lainnya bisa dikesampingkan dulu. Continue reading “Tips Menjalani 3 Hari Pertama Bersama Bayi Baru Lahir”

Dukungan Yang Bisa Diberikan Untuk Ibu Dengan Bayi Baru

Dukungan Yang Bisa Diberikan Untuk Ibu Dengan Bayi Baru

Bantuan dan dukungan dari suami terhadap istri yang baru selesai melahirkan akan sangat berharga, membantu Ibu pulih lebih cepat dan mengurangi tekanan akibat kelelahan dan stres yang dialami.

Bantuan itu selain oleh suami, juga bisa dilakukan oleh anggota keluarga lain.

Bantuan kepada ibu baru sekecil apapun itu, bantuan yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sebelumnya akan sangat berarti. Mudah-mudahan melalui tulisan ini, sebagai suami, kita bisa memberikan peran lebih dan mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan untuk istri. Continue reading “Dukungan Yang Bisa Diberikan Untuk Ibu Dengan Bayi Baru”

Ayah Dan Bayi Baru Lahir. Terlibatlah Sejak Dini!

Ayah Dan Bayi Baru Lahir. Terlibatlah Sejak Dini!

Tidak hanya Moms, Ayah memegang peran penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ayah dapat terlibat lebih dekat dengan bayi baru lahir, sejak dini. Ini penting tidak hanya terhadap anak pertama, tapi anak kedua dan seterusnya.

Kita bisa bayangkan, bagaimana bayi akan mendapatkan sentuhan (rangsangan/stimuli) tidak hanya dari Ibunya tapi juga dari Ayahnya, interaksi tidak hanya dari Ibu tapi juga dari Ayah, juga kasih sayang dari kedua orang tuanya. Hubungan sosial, emosional, kecerdasan dan perkembangannya akan lebih baik dibandingkan bila dia hanya mendapatkannya dari ibu. Continue reading “Ayah Dan Bayi Baru Lahir. Terlibatlah Sejak Dini!”

Kurang Tidur Karena Ada Bayi Baru. Moms, Ini Cara Mengatasinya!

Kurang Tidur Karena Ada Bayi Baru. Moms, Ini Cara Mengatasinya!

Setelah bayi lahir, menikmati menjadi ibu kini dimulai, menyusui, menggendong, mengganti popoknya dan membersihkannya. Tapi di balik itu tidak sedikit Mom yang akan mengalami kelelahan berlebih, stres, merasa tertekan, yang terutama disebabkan oleh kurangnya tidur.

Moms yang menyusui jam 2 atau jam 3 tengah malam tidaklah sendiri, banyak ibu lain di tempat lain yang juga mengalami ini. Berita baiknya adalah, keadaan ini tidak akan kita alami terus-menerus. Seiring dengan bertambahnya umur bayi, bayi akan memiliki waktu/siklus tidur yang lebih teratur. Continue reading “Kurang Tidur Karena Ada Bayi Baru. Moms, Ini Cara Mengatasinya!”

Ibu Dan Bayi Di Minggu Pertama, Hari Demi Hari

Ibu Dan Bayi Di Minggu Pertama, Hari Demi Hari

Bagi ibu baru, ini adalah pengalaman yang akan mengubah hidup. Mulai saat ini, hari-hari Moms akan ditemani oleh buah hati. Moms dan Dads akan disibukkan oleh aktivitas dimana bayi adalah sentralnya.

Menjalani hari-hari pertama bersama bayi setelah keluar dari rumah sakit akan memerlukan adaptasi kita untuk mulai menjalani ritme dan pola hidup baru.

Berikut ini adalah perubahan-perubahan yang diharapkan terjadi pada Moms dan bayi di minggu pertama: Continue reading “Ibu Dan Bayi Di Minggu Pertama, Hari Demi Hari”

Bayi Keluar Rumah Untuk Pertama Kali, Moms Sudah Siap?

Bayi Keluar Rumah Untuk Pertama Kali, Moms Sudah Siap?

Di masyarakat kita, berkembang pemahaman bahwa bayi yang belum berusia 40 hari tidak boleh keluar rumah. Ini adalah ‘aturan’ yang praktis dan kita bisa mengerti kenapa bayi belum boleh keluar di usia tersebut.

Seperti kita ketahui, bayi, terutama bayi baru lahir, memiliki tingkat pertahanan diri terhadap kuman dan penyakit yang masih rendah sehingga rentan terkena infeksi dan penyakit.

Bayi membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang baru, dia pun memiliki organ dan jaringan tubuh yang belum terbentuk sempurna, termasuk organ dan jaringan yang khusus bertugas untuk melawan penyakit. Continue reading “Bayi Keluar Rumah Untuk Pertama Kali, Moms Sudah Siap?”