Cara Ibu Hamil Meningkatkan Energi, Cegah Lemas Dan Cepat Lelah

Cara Ibu Hamil Meningkatkan Energi, Cegah Lemas Dan Cepat Lelah

Menjaga stamina tetap kuat, tubuh tetap energik bagi ibu hamil tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Tubuh Mom memang mengalami perubahan yang besar saat hamil tapi tubuh kita juga dianugerahi dengan kekuatan dan kemampuan untuk beradaptasi yang baik.

Beberapa hal seperti menjaga makanan (asupan gizi yang tepat), istirahat yang cukup adalah beberapa hal yang bisa Mom lakukan untuk menjaga dan meningkatkan energi. Saat hamil kita tetap bisa beraktivitas tanpa perlu merasa lemas dan cepat lelah.

Gampang merasa capek, cepat letih adalah hal yang biasa dialami oleh ibu hamil, terutama pada masa-masa awal kehamilan (trimester pertama). Meski demikian itu tidak berarti Moms selamanya hanya akan berbaring atau istirahat saja sampai bayi lahir.

Beberapa hal bisa Moms lakukan agar tetap fit, menjaga stamina dan energi saat hamil agar tidak loyo dan cepat lelah.

Menjaga stamina dan energi saat hamil agar tidak loyo dan cepat lelah.

Minum yang cukup (menjaga asupan cairan).

Hal yang kecil tapi tidak bisa kita anggap remeh karena cairan sangat penting untuk metabolisme tubuh, terlebih lagi saat hamil.

Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi dan merupakan faktor penyebab tersering terjadinya kelelahan (lemas). Saat hamil kita memerlukan cairan lebih banyak untuk menjaga proses metabolisme dalam tubuh dapat berlangsung dengan baik dan membantu pertumbuhan janin yang baik di dalam kandungan (termasuk plasenta).

Salah satu tanda dehidrasi adalah mulut atau bibir kering. Jadi, hati-hati ya saat Mom mendapati ini. Itu berarti konsumsi air kita kurang dan kita perlu minum air lebih banyak lagi.

Pertanyaannya, berapa gelas air yang dibutuhkan oleh ibu hamil setiap harinya? Jawabannya adalah kira-kira 12-13 gelas per hari. Itu 1-2 gelas lebih banyak dari kebutuhan kita saat tidak hamil. Jumlah itu berlaku untuk keadaan cuaca yang normal/sedang. Jadi, saat udara panas kebutuhan kita akan meningkat.

Tips untuk Moms:

– Ibu hamil dianjurkan untuk membawa selalu air dalam botol sehingga kalau perlu kita tinggal minum.

– Penuhi kebutuhan cairan (minum air) terutama di pagi atau siang hari sehingga tidur kita tidak perlu terganggu di malam hari karena harus bangun karena sering kencing (buang air kecil).

Tetap aktif.

Dengan tetap aktif, akan membantu menggerakkan otot-otot kita, memicu metabolisme, membantu pompa jantung dan aliran darah. Kesemuanya ini akan membantu mengatasi kelelahan dan memicu energi kita.

Kita mungkin sering mendengarkan saran, saat hamil kita sebaiknya tetap mempertahankan aktivitas kita saat sebelum hamil. Memang ada aktivitas tertentu yang tidak boleh dilakukan saat hamil, olahraga yang berlebihan misalnya, tapi aktivitas sehari-hari lain, seperti memasak di dapur, olahraga ringan (jalan kaki), yoga untuk ibu hamil dan aerobik tertentu justru akan bermanfaat untuk kita.

Untuk pastinya mengenai aktivitas yang boleh dan tidak boleh dilakukansaat hamil, silahkan tanyakan ke dokter Mom.

Istirahat selagi sempat.

Mom yang paling tahu tubuh Moms. Jadi, saat merasa kelelahan beristirahatlah, tidur sebentar atau sekedar duduk juga boleh. Seiring waktu, tubuh Mom akan berubah sesuai dengan usia kehamilan. Saat berjalan jauh atau naik tangga ambillah istirahat sebentar dan jangan memaksakan berjalan kalau Mom merasa tidak mampu.

Kalau merasa capek, tidur atau baringlah sebentar. Kalau kerja, manfaatkan waktu istirahat untuk beristirahat sejenak.

Saat tidur, cari posisi yang membuat Mom merasa nyaman. Bantal ibu hamil bisa sangat bermanfaat saat usia kehamilan kita semakin tua. Pastikan kamar kita nyaman, aman dari gangguan dan gelap (tidak terang).

Konsumsi suplemen (vitamin).

Asam folat dan besi sangat bermanfaat untuk ibu hamil (tetapi jangan berlebih), termasuk vitamin dan suplemen pelengkap lainnya. Kelelahan, letih, lesu, pusing adalah salah satu tanda dari kekurangan zat besi (kurang darah/anemia). Jangan sampai Mom mengalami ini karena konsumsi zat besinya kurang.

Perbanyak makan sayur dan buah dengan cara makan buah dan sayur yang beragam (berwarna-warni).

Mintalah vitamin ke dokter Mom sehingga Mom terhindar dari anemia saat hamil. Vitamin dan suplemen yang cukup akan membuat kita energik, pertumbuhan janin dalam kandungan juga akan baik.

Ngemil itu perlu (asal sehat).

Perbanyak konsumsi makanan (snack) yang tinggi protein dan serat. Ini penting untuk menjaga kebutuhan energi kita. Kacang adalah salah satu makanan yang kaya serat dan protein yang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dan menambah energi.

Hindari makanan yang mengandung banyak gula atau makanan yang diproses karena itu hanya akan membuat kita cepat lelah dan lapar.

Hindari rasa khawatir dan stres.

Kekhawatiran dan kecemasan kita hanya akan berdampak buruk untuk kehamilan kita. Begitupun kalau kita merasa stres atau tertekan. Stres dan cemas akan menguras energi psikis kita dan akan membuat kita kelelahan.

Adanya perubahan hormon dapat menyebabkan kita gampang mengalami perubahan mood, gampang stres, dll. Oleh karena itu, memanage stres penting kita lakukan saat hamil.

Untuk mengatasi stres kita bisa memperbanyak ibadah (mendekatkan diri ke Yang Maha Kuasa), melakukan meditasi, mendengarkan musik kesukaan, menulis, berkebun atau aktivitas ringan lainnya yang dapat membuat kita tenang.

Mintalah bantuan keluarga atau suami apabila kita merasa kecapean melakukan pekerjaan rumah. Delegasikan tugas rumah/pengasuhan anak lainnya ke orang lain apabila kita merasa lelah berlebihan (exhausted) sehingga beban itu bisa kita bagi tanpa perlu kita tanggung sepenuhnya yang hanya akan membuat kita semakin tertekan.


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook, Twitter dan WhatsApp.