Cara Praktis Membersihkan Dan Mensterilkan Botol Susu Bayi

Cara Praktis Membersihkan Dan Mensterilkan Botol Susu Bayi

Apabila Moms memberikan susu formula ke bayi atau paling tidak menyusui ASI dan memberikan susu formula secara bersamaan, botol susu adalah media yang perlu mendapat perhatian kita karena bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri atau kuman yang dapat berbahaya bagi bayi.

Bayi, terutama bayi baru lahir memiliki daya tahan tubuh yang tidak sekuat anak yang lebih besar dan orang dewasa sehingga lebih rentan terkena penyakit.

Botol susu yang tidak bersih atau steril bisa menyebabkan bayi terserang diare dan muntah. Oleh karenanya, mengetahui cara membersihkan atau mensterilkan botol susu perlu ibu ketahui.

Di bawah ini ibu akan mendapatkan penjelasan mengenai cara membersihkan dan mensterilkan botol susu, baik secara manual maupun dengan menggunakan alat, termasuk penjelasan kapan atau saat di usia berapa sterilisasi botol susu bisa distop.

Cara membersihkan, mensterilkan botol susu bayi

Mungkin ada yang bertanya-tanya perlukah kita mensterilkan botol susu bayi, apakah dengan membilasnya atau mencuci seperti biasa tidak cukup?

Apakah botol susu bayi perlu dibersihkan dan disterilkan?

Botol susu bayi dan semua bagiannya seperti dot harus dibersihkan dengan air, sabun pembersih dan air hangat setiap sudah digunakan untuk mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri berbahaya.

Botol bisa kita bersihkan dengan cara manual dengan tangan atau dibersihkan di mesin pencuci piring (dishwasher).

Botol susu bayi tidak perlu disterilkan lagi sebelum digunakan kecuali pada keadaan tertentu.

Kapan botol susu bayi harus disterilkan?

  • pada penggunaan pertama setelah baru dibeli,
  • saat bayi sakit,
  • botol susu perlu disterilkan karena kita khawatir dengan mencuci biasa saja kumannya belum hilang atau khawatir air yang dipakai mencuci kurang higienis.

Botol susu ini disterilkan, menurut saran para ahli, sampai usia bayi paling tidak 6 bulan sampai 1 tahun. Dulu, direkomendasikan agar botol susu disterilkan setiap selesai digunakan tapi kini, itu tidak perlu lagi dilakukan meskipun kalau Moms ingin melakukannya tentu akan lebih baik.

BACA JUGA: Ingin Sukses Menyusui, ASI Berlimpah Setiap Saat Sepanjang Waktu? Ketahui Hal-hal Ini

Jika Moms ragu akan kualitas air yang digunakan mencuci atau bayi sakit, botol susu sebaiknya disterilkan dulu sebelum digunakan.

Perlu diingat mensterilkan botol susu ini berlaku baik untuk botol susu untuk pemberian sufor maupun pemberian asi perah (asip).

Membersihkan botol susu.

Cara membersihkan botol susu sebelum mensterilkannya:

1. Bersihkan dan cuci tangan Moms sebelumnya dengan sabun.

2. Buka dan pisahkan bagian-bagian botol susu seperti dot dan bagian lainnya, cuci dengan sabun pembersih dan air hangat setiap bagian tersebut.

3. Sikat setiap bagian tersebut sampai ke bagian dalam dan detail-detailnya menggunakan sikat khusus untuk membersihkan botol bayi sampai kotoran dan kerak sisa susu terlepas.

4. Bilas kembali semua bagian botol susu sampai bersih.

Sekarang siap untuk disterilkan dengan salah satu cara di bawah ini.

Beberapa metode mensterilkan botol susu bayi.

Biasanya botol susu dapat disterilkan dengan cara dimasak (manual). Silahkan baca petunjuk penggunaan botol susu Moms pada kemasan saat membeli apakah bisa atau tidak.

Di pasaran tersedia beragam merk botol susu seperti Pigeon, Huki, Dodo, dll umumnya cara ini bisa moms lakukan.

Mensterilkan botol susu dengan cara merebus atau memasak adalah cara yang paling praktis dan sederhana apabila Moms tidak memiliki alat khusus sterilizer botol susu. Ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan botol susu.

Cara mensterilkan botol susu dengan cara dimasak.

Ini tanpa menggunakan alat sterilizer khusus:

  • Tempatkan botol susu dan bagian-bagiannya secara terpisah di dalam panci yang cukup besar, isi dengan air bersih sampai botol susu tenggelam.
  • Pastikan tidak ada gelembung udara di dalam botol lalu tempatkan panci di atas kompor, nyalakan api untuk mulai merebus.
  • Tutup panci dengan penutup dan biarkan air sampai mendidih.
  • Setelah mendidih, biarkan selama 5 menit dan periksa apakah tidak ada bagian yang mengapung/tidak terkena air atau apakah ada bagian yang mencair/meleleh karena terlalu panas.
  • Setelah 5 menit dibiarkan mendidih matikan kompor dan biarkan airnya dingin lalu keluarkan bagian-bagian botol susu dan biarkan kering.
  • Tempatkan pada wadah yang bersih dan tertutup di dalam lemari pendingin.

BACA JUGA: Manfaat Luar Biasa Menyusui ASI Yang Mungkin Belum Moms Ketahui

Mungkin ada yang bertanya, apakah tidak berbahaya memasak botol susu karena saat merebus zat tertentu terlepas dan ini berbahaya untuk bayi?

Jadi, memasak botol bayi aman sepanjang kita menggunakan botol bayi yang BPA free, yakni yang bebas dari zat BPA yang berbahaya.

Dengan alat atau mesin steril botol susu bayi.

Menggunakan sterilizer elektric adalah cara yang praktis untuk mensterilkan botol susu dan tidak membutuhkan waktu yang lama, biasanya 10 menit, tergantung model dan merk sterilizer.

Alat steril botol susu biasanya bisa mensterilkan beberapa botol susu sekaligus, biasanya 6 atau 8 botol bersama dengan bagian-bagiannya seperti dot. Alat ini bisa didapatkan di toko perlengkapam bayi dengan harga kira-kira Rp. 200 ribuan atau lebih tergantung merk.

Cara mensterilkan botol susu bayi dengan alat steriliser elektrik:

  • Silahkan baca petunjuk penggunaan botol susu elektrik yang Moms miliki. Cara penggunaannya umumnya sama meskipun mungkin ada beberapa yang berbeda tergantung merknya.
  • Isi alat sterilizer dengan air bersih sesuai yang direkomendasikan dan masukkan botol yang ingin disterilkan sesuai dengan kapasitas alat (biasanya bisa sampai 6 botol).
  • Letakkan botol susu dan dot dalam posisi terbalik agar dapat steril sempurna (bagian dalam botol).
  • Tutup alat sterilizer dan nyalakan dan biarkan sampai menguap sesuai dengan waktu yang direkomedasikan. Setelah selesai (alat biasanya mati sendiri setelah botol steril) biarkan sebentar sampai botol dingin.
  • Angkat botol susu dan bagian lainnya lalu keringkan dan simpan di tempat yang bersih.

BACA JUGA: Cara Menyiapkan Dan Membuat Susu Formula Untuk Bayi

Sterilisasi botol susu dengan microwave.

Cara ini dengan menggunakan microwave di rumah yang biasa kita gunakan.

Cara mensterilkan dengan microwave yaitu:

  • Pisahkan botol susu dengan tutupnya/dotnya dan bagian lainnya.
  • Tempatkan botol susu dan bagian lainnya ke dalam microwave secara terbalik dan lakukan sterilisasi seperti cara sterilisasi dengan alat sterilizer electric. Biasanya cara ini memerlukan waktu 1-2 menit.
  • Setelah selesai keluarkan dan pasang kembali botol dan bagian lainnya.

Cara sterilisasi dengan microwave ini memiliki kelebihan yakni tidak menyisakan bau atau rasa setelahnya.

Kapan atau setelah usia berapa botol susu bayi tak perlu disterilkan lagi?

Seiring dengan bertambahnya usia bayi, setelah bayi berumur lebih dari 1 tahun, mensterilkan botol bayi biasanya sudah tidak diperlukan. Hal ini karena daya tahan bayi sudah lebih baik dan sudah lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Jika Moms merasa sumber air di rumah kurang bersih, mensterilkan botol susu setiap saat sebelum menggunakannya adalah pilihan yang bijak.


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook, Twitter dan WhatsApp.