Dukungan Yang Bisa Diberikan Untuk Ibu Dengan Bayi Baru

Dukungan Yang Bisa Diberikan Untuk Ibu Dengan Bayi Baru

Bantuan dan dukungan dari suami terhadap istri yang baru selesai melahirkan akan sangat berharga, membantu Ibu pulih lebih cepat dan mengurangi tekanan akibat kelelahan dan stres yang dialami.

Bantuan itu selain oleh suami, juga bisa dilakukan oleh anggota keluarga lain.

Bantuan kepada ibu baru sekecil apapun itu, bantuan yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sebelumnya akan sangat berarti. Mudah-mudahan melalui tulisan ini, sebagai suami, kita bisa memberikan peran lebih dan mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan untuk istri.

1. Memastikan ibu bisa tidur atau istirahat cukup.

Ibu dengan bayi baru lahir akan sangat memerlukan tidur/istirahat. Itu dia perlukan untuk memulihkan kondisinya, memberinya waktu untuk pulih dari melahirkan dimana, nyeri pasca melahirkan masih akan ada, rahim mengecil kembali ke posisi sebelum melahirkan dan mempercepat penyembuhan luka jika ibu mendapat operasi caesar atau mendapat jahitan episiotomi.

Tidur yang tidak cukup bisa berakibat buruk untuk ibu karena bisa memicu stres dan depresi serta masalah lainnya seperti hilangnya konsentrasi, fokus dan kesadaran.

Suami bisa mengambil tanggung jawab lebih agar istri memiliki waktu lebih untuk istirahat. Jika kita memiliki anak yang lain, biarkan istri menangani bayi dan kita membantu menjaga anak yang lain. Saat bayi tertidur, biarkan istri ikut istirahat tanpa melibatkannya lagi dengan hal-hal yang bisa kita kerjakan sendiri.

2. Ambil shift malam.

Ya, kita bisa ikut menjaga bayi apalagi kalau besoknya kita libur atau weekend dengan menjaga bayi di malam hari. Kita bisa ikut memberi susu/asip (asi perah) kepada bayi, menyendawakan bayi, mengganti popoknya, menidurkan bayi atau sekedar untuk menggendongnya. Ini juga baik untuk bonding dengan bayi, menciptakan hubungan lebih dekat Ayah dan bayi.

BACA JUGA: Ayah Dan Bayi Baru Lahir. Terlibatlah Sejak Dini!

3. Mengecek keadaan ibu setiap saat.

Terutama saat Ayah di luar rumah, di kantor atau di perjalanan, selalu menanyakan kabar atau bagaimana keadaan di rumah kepada istri, Kita bisa mengirimkan SMS, WA atau BBM ke istri menanyakan bagaimana keadaan bayi, keadaan dia, apakah bayi tidur, Mom sudah makan atau belum, apakah makannya nafsu atau sekedar mengingatkan istri untuk jangan lupa minum cukup air.

Hal-hal kecil seperti ini akan sangat berharga untuk istri dan dia akan merasa bahwa kita selalu mengingatnya.

Karena terlalu kelelahan dan banyaknya hal yang harus dilakukan, banyak ibu kadang lupa melakukan sesuatu yang seharusnya dia lakukan sehingga kita perlu mengingatkannya. Berikan pujian dan dukungan atas apa yang sudah dilakukan istri dan dengarkan keluh-kesah dan curhatnya.

4. Membuatkannya sarapan.

Sarapan praktis yang ringkas dan simpel tentu saja tidaklah sulit untuk suami saat ini. Kita bisa membuatkannya telur mata sapi, nasi goreng (bumbu nasi goreng tinggal beli), roti dilapisi keju/mentega, oatmeal/sereal, menyediakan buah segar, dll.

Siapkan makanan tersebut untuk istri di atas meja ditemani oleh segelas teh manis, jus atau segelas air. Ibu biasanya akan lapar pada pagi hari setelah semalam bersama dengan bayi. Ini akan sangat membantu mengisi tenaganya kembali untuk menjalani hari.

5. Menyediakan air selalu.

Isi gelas atau botol air minum ibu setiap air minumnya habis atau berkurang. Ini penting untuk hidrasi, memenuhi kebutuhan cairannya.

6. Jalan-jalan bersama.

Apabila kita sempat dan cuaca cerah, ajak ibu dan bayi jalan-jalan di taman atau di sekitar kompleks rumah. Sinar matahari akan sangat bermanfaat untuk ibu, termasuk bayi.

7. Membiarkan istri mengetahui kapan kita akan pulang kerja.

Ayah/suami yang kerja sepanjang hari bisa menyampaikan kepada istri kapan akan pulang kantor sehingga dia akan mengetahui kapan kita akan berada di rumah. Saat di rumah sendiri, ibu bisa sangat merasa kesepian dan dengan mengetahui kapan kita pulang akan membuatnya tenang dan tidak sabar untuk bersama kita.

Nah, tipsnya mungkin kelihatan sepele tapi itu akan sangat berarti bagi ibu dengan bayi baru. Semoga bermanfaat.


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook dan WhatsApp.