Fakta Unik Dan Mengejutkan Bayi 1 Tahun Pertama

Fakta Unik Dan Mengejutkan Bayi 1 Tahun Pertama

Sebagai ibu kita patut bangga dan senang bisa mengandung bayi selama beberapa bulan dan melahirkannya. Selama itu kita mengalami pengalaman yang menyenangkan dan unik yang tidak akan pernah dirasakan oleh pria atau ibu yang belum pernah hamil.

Bayi belum bisa mengeluarkan air mata, tidak bisa merasakan asin dan belum memiliki tulang lutut.

Banyak hal tentang bayi yang akan membuat kita takjub dan terkejut dan itu terjadi hanya di 1 Tahun pertamanya. Bagaimana setelah ia semakin besar? Akan ada lebih banyak hal dari dia yang akan membuat kita semakin sayang dan merasa bersyukur memilikinya.

Fakta-fakta unik pada bayi baru lahir.

Ada banyak hal unik yang mengagumkan yang mungkin luput dari perhatian kita pada bayi yang tidak kita tahu sebelumnya seperti ia bisa mengenali wajah ibunya meskipun ia baru bisa melihat setelah usianya 3 bulan.

Saat menangis, ia bisa tiba-tiba tenang hanya karena mendengar suara ibunya yang mendekat, dan banyak hal lainnya.

Hal-hal unik pada bayi yang banyak tidak diketahui.

  • Bayi baru lahir memiliki tulang kurang lebih 300 buah dan tidak memiliki tulang tempurung lutut (patella). Bandingkan dengan orang dewasa yang hanya memiliki 206 tulang. Kemana puluhan tulang lain itu menghilang?
  • Bayi baru lahir umumnya menangis tanpa mengeluarkan air mata. Itu terjadi sampai ia berusia 3 sampai 4 minggu.
  • Sebagian besar bayi, kurang lebih 80 persen, lahir dengan tanda lahir. Tanda lahir ini mengikuti warna pembuluh darah, bisa berpigmen dan bisa hanya muncul sebentar setelah bayi lahir.
  • Bayi bisa tersenyum setelah berusia 4-5 minggu. Ini adalah cara dia bersosialisasi untuk pertama kalinya.
  • Sebagian besar bayi baru lahir akan kehilangan semua rambutnya di usia 3-4 bulan. Moms tidak perlu khawatir kalau dia mengalami ini.
  • Bayi baru bisa melihat setelah usianya 3 bulan, itupun pada objek yang berjarak 20-23 sentimeter darinya. Makanya, dia akan banyak bermain dengan tangan dan kakinya, ‘objek’ paling dekat dengannya. Kalau ingin bayi melihat Moms, dekatkan wajah Moms saat bermain atau saat menghabiskan waktu dengannya (saat menyusui, bermain di tempat tidur, dll).
  • Berdasarkan penelitian, bayi akan mengenali musik yang pernah dia dengarkan saat masih di dalam kandungan sampai usia 4 bulan. Lagu yang pernah dia dengarkan tersebut mungkin akan membuatnya nyaman/tenang.
  • Saat dia sudah bisa tertawa dia akan tertawa, bisa sampai 300 kali sehari. Pada orang dewasa? Hanya sampai 60 kali sehari.
  • Bayi merasakan sesuatu dengan sentuhan, itu adalah inderanya yang paling sensitif. Perkembangan indera sentuhannya tersebar dari kepala sampai ke jempol kakinya. Itulah sebabnya kenapa dia akan sering mengisap tangan dan kakinya.
  • Bayi bisa bernapas dan menelan secara bersamaan sampai ia berusia 7 bulan.
  • Bayi memiliki ukuran lambung yang sangat kecil. Itulah sebabnya dia akan sering ‘makan’ (menyusui).
  • Bayi tidak bisa mengingat sebagian besar 3 tahun pertama masa hidupnya.
  • Bayi rata-rata memerlukan popok sebanyak 2.700 dalam setahun.
  • Bayi memiliki mekanisme koping (coping mechanism) untuk mengatasi suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas. Apabila merasa dingin dia akan lebih banyak bergerak agar menjadi hangat dan saat panas dia akan membuka tangan dan kakinya ke samping seperti kalau orang sedang berjemur.
  • Bayi akan membuat orang tuanya (ibu terutama), kehilangan waktu tidur 350-400 jam di tahun pertama. Tahukah Moms kalau itu sama dengan tidak tidur 1 malam setiap minggunya.
  • Saat anak berulang tahun untuk pertama kalinya, otaknya akan tumbuh 60 persen dari ukuran otak orang dewasa.
  • Apabila bayi mengikuti kecepatan pertumbuhannya seperti 1 tahun pertamanya, saat dewasa nanti dia akan memiliki tinggi 4 meter lebih. Wow! Padahal kita rata-rata tingginya tidak sampai 2 meter ya..

Haid atau menstruasi palsu pada bayi (pseudomenstruation).

Pada beberapa ibu yang tidak tahu, kadang membuat panik dan khawatir karena mendapati popok bayi dengan bercak darah. Bertanya-tanya apakah bayi yang masih kecil mengalami menstruasi.

Ini adalah hal yang umum dan sering terjadi pada seperempat dari semua bayi perempuan yang lahir. Biasanya terjadi dalam 1 minggu pasca lahir.

Penyebab haid semu pada bayi baru lahir ini adalah saat masih berada di dalam kandungan bayi terpapar dengan kadar hormon yang tinggi dari ibu. Nah saat bayi lahir, tubuh ibu dan bayi kini tidak ‘terhubung’ lagi (seiring dengan lepasnya plasenta dan tali pusat) yang menyebaban kadar hormon tersebut tiba-tiba drop.

Inilah yang menyebabkan terjadinya atau keluarnya bercak darah yang diangggap sebagai haid. Mirip dengan keadaan haid yang dialami oleh wanita.

Puting bayi keluar cairan mirip ASI/susu.

Perubahan hormon yang tiba-tiba seperti keadaan pseudomenstruation di atas juga bisa memicu keadaan yang disebut dengan galaktorea.

Galactorrhea adalah keadaan atau fenomena dimana payudara dan puting bayi baru lahir berkembang dan bisa menghasilan sedikit cairan yang mirip dengan susu. Hal ini bisa terjadi pada bayi laki-laki dan bayi perempuan dan bukan hal yang tidak biasa sehingga Moms tidak perlu khawatir.

Keadaan ini terjadi pada 5 persen bayi baru lahir dan bisa bertahan hingga bayi berusia 2 bulan.

Nah, unik kan bagaimana ia tumbuh dan berkembang serta hal-hal spesial lainnya di 1 tahun pertamanya? Satu tahun pertama bayi ini hanyalah awal dari perjalanan panjang bersamanya yang akan diisi dengan hal-hal yang menyenangkan dan akan diingat terus.


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook, Twitter dan WhatsApp.