Ibu Hamil Minum Obat Flu, Penguat Kandungan. Berikut Penjelasannya

Ibu Hamil Minum Obat Flu, Penguat Kandungan. Berikut Penjelasannya

Kehamilan adalah pengalaman yang menyenangkan tapi bisa menyebabkan tekanan. Kekhawatiran dan tekanan umumnya terjadi karena ketidaktahuan kita. Akibat banyaknya hal yang belum kita ketahui dan belum mengetahui apa yang akan terjadi, biasanya kita menjadi tertekan.

Ibu yang pernah hamil mungkin akan memiliki gambaran yang lebih jelas apa yang akan dihadapi dan dialami, tidak seperti ibu yang hamil untuk pertama kalinya.

Dokter spesialis kandungan akan menjadi teman moms dalam menjalani kehamilan sampai saat melahirkan nanti. Saat kontrol kehamilan semua hal yang berkaitan dengan moms, dokter Sp.OG-lah mungkin yang paling kompeten untuk memberikan penjelasan. Tapi tak semuanya harus kita tanyakan ke SpOG, pun ada pertanyaan-pertanyaan yang mungkin malu kita tanyakan.

Berikut ini kami akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kehamilan moms seperti apakah ibu hamil boleh minum kopi, amankah minum obat flu saat hamil, apakah perlu minum obat penguat kandungan, bolehkah makan sushi serta beragam pertanyaan lainnya .

Penjelasan dari beragam pertanyaan-pertanyaan ibu hamil.

Kapan mengabarkan ke orang-orang kalau moms lagi hamil?

Setelah tes hamil positif dan muncul tanda kehamilan lainnya, biasanya kita tidak sabar untuk menyampaikan kabar tersebut. Tapi ada juga ibu yang menunggu sampai beberapa minggu untuk mengabarkan kehamilannya.

Kekhawatiran menyampaikan kabar kehamilan biasanya dikaitkan dengan takutnya kita mengalami keguguran. Keguguran biasanya terjadi dalam 12 minggu pertama kehamilan sehingga ada yang menunggu melewati masa itu untuk menyampaikannya kepada yang lain.

Apabila ibu melakukan pemeriksaan USG pada minggu ke-8 dan ditemukan adanya detak jantung janin, kemungkinan untuk mengalami keguguran kecil.

Masalah-masalah dan pertanyaan tersering ibu hamil.

Saya hamil, kapan saya mulai periksa kehamilan ke dokter atau bidan?

Pemeriksaan kehamilan yang pertama kali yang dianjurkan adalah pada tuga bulan pertama (trimester 1) kehamilan, atau minggu 10-12 kehamilan.

Meski demikian, memeriksakan kehamilan lebih dini akan lebih baik lagi terutama ibu yang sebelumnya pernah mengalami keguguran.

Apa makanan yang tidak boleh saya konsumsi?

Pada dasarnya semua makanan boleh kita makan asalkan memiliki zat gizi yang seimbang, bersih dan dimasak matang.

Makanan yang dianjurkan untuk dihindari saat hamil adalah:

– Daging mentah seperti sushi.

– Makanan yang tidak masak/matang sempurna seperti ayam yang tidak matang sempurna, hot dog, daging, dll.

– Susu dan keju yang tidak dipasteurisasi (unpasteurized), biasanya pada makanan kemasan. Silahkan cek kemasan tiap makanan sebelum membeli.

Telur yang belum matang.

– Sayur dan buah yang kurang bersih mencucinya.

Apabila ibu hamil mengalami diabetes (diabetes gestasional) maka sebaiknya ikuti diet yang dianjurkan untuk orang hamil dengan diabates. Hindari buah, jus tertentu, makanan ringan yang tinggi karbohidrat seperti kue, minuman bersoda, coklat batang, dll.

Bisakah saya minum kopi selama hamil?

Ada yang melarang tapi yang paling banyak diikuti oleh ahli adalah membatasi konsumsi kafein atau kopi dalam sehari selama hamil. Kafein adalah zat stimulan yang bisa meningkatkan tekanan darah dan kecepatan denyut jantung yang bisa berbahaya pada kehamilan.

Jumlah yang direkomendasikan adalah 1 sampai maksimal 2 gelas sehari. Jika ibu benar-benar penggemar kopi sebaiknya konsumsi kopi 1 gelas saja per hari. Beruntunglah ibu yang tidak suka kopi karena tidak perlu lagi dipusingkan dengan harus membatasi minum kopi.

Minum alkohol?

Seluruh ahli dan dokter sepakat bahwa minum alkohol dilarang saat hamil. Pilihannya adalah hamil dan meninggalkan alkohol atau minum alkohol dan kita membahayakan janin kita. Masalah yang ditakutkan adalah terjadinya fetal alcohol syndrome dan sampai saat ini belum diketahui pasti berapa banyak jumlah alkohol yang diminum yang bisa menyebabkan itu.

Saya flu, sakit kepala, bolehkah saya minum obat flu atau anti sakit?

Saat hamil ada baiknya berkonsultasi dengan dokter saat sakit. Ada obat yang aman dikonsumsi saat hamil tapi ada banyak obat lainnya yang bisa mempengaruhi kehamilan.

Minum parasetamol apabila deman, sakit kepala, sakit gigi, sakit badan boleh-boleh saja tapi hati-hati saat membeli obat langsung di apotik. Sakit gigi bisa saja memerlukan obat antibiotik dimana tidak semua antibiotik aman untuk ibu hamil. Selalu konsultasi ke dokter apabila sakit.

Apakah saya harus minum obat penguat kandungan?

Obat penguat kandungan yang biasanya mengandung hormon adalah obat yang dikonsumsi untuk menguatkan dinding bagian dalam rahim agar embrio janin bisa melekat lebih kuat.

Pada kehamilan normal, hormon tersebut akan diproduksi secara alami oleh plasenta sehingga umumnya kita tidak memerlukan konsumsi obat seperti itu.

Pada ibu yang sebelumnya pernah keguguran, obat ini bisa membantu. Bisa diberikan dengan cara disuntik, obat minum atau dimasukkan ke vagina.

Apakah mandi berendam di hot tub dibolehkan?

Mandi dalam hot tub atau sauna tidak dianjurkan untuk ibu hamil terutama pada 3 bulan pertama kehamilan (Trimester Pertama). Panas yang berlebihan bisa memicu terjadinya cacat saraf pada bayi.

Tapi, ini bukan berarti mandi di shower menggunakan air hangat atau berendam air hangat di bathtub dilarang ya. Mandi shower atau di bathtub boleh dan baik karena bisa membuat ibu hamil nyaman dan mengurangi nyeri badan.

Di rumah, saya memelihara kucing, apakah aman untuk kehamilan saya?

Kucing banyak dihubungkan dengan infeksi toksoplasma. Apabila kita memelihara kucing yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah, sebaiknya saat hamil kita periksa toksoplasmosis.

Hindari memegang kucing dan kandangnya. Cuci tangan apabila sudah menyentuhnya atau setelah kita bekerja di kebun/halaman.

Kotoran kucing biasanya mengandung toksoplasma yang menjadi media penularan ke manusia (selain makanan yang tidak dimasak sempurna).

Bahayanya toksoplasmosis adalah dia bisa masuk ke tubuh lalu masuk ke janin dan menimbulkan komplikasi seperti keguguran.

Meski demikian, pada umumnya perempuan sudah imun terhadap toksoplasmosis karena saat kecil mungkin sudah terinfeksi sehingga kebal.

Nah itulah, masalah-masalah umum yang sering dihadapi saat hamil. Semoga menjawab pertanyaan-pertanyaan moms.


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook, Twitter dan WhatsApp.