Keluar Flek Bercampur Lendir, Tandanya Melahirkan Sudah Dekat?

Keluar Flek Bercampur Lendir, Tandanya Melahirkan Sudah Dekat?

Keluarnya flek bercampur lendir dari vagina (vaginal discharge/spotting) bisa berarti dua hal. Pertama, persalinan sudah dekat dan kedua, persalinan masih lama dan mungkin masih beberapa minggu lagi.

Keluarnya lendir bercampur darah menjelang persalinan (hamil tua) kadang tidak kita sadari saat berada di toilet atau kadang dianggap hal biasa padahal kalau kita bisa mengetahui cirinya kita bisa menentukan apakah kita sudah dekat dengan waktu melahirkan atau belum.

Keluarnya cairan atau flek seperti darah bercampur lendir, apakah tandanya melahirkan sudah dekat atau masih lama?

Sebagai wanita, kehamilan menjadikan kita menjadi terobsesi dan lebih sadar dengan cairan yang keluar dari tubuh. Saat mencoba untuk hamil kita menjadi rajin mengecek cairan atau mukus dari serviks, saat hamil ada tes kehamilan dengan urin, mengalami hamil 9 bulan dengan segala macam dischargenya yang maaf.. mungkin membuat tidak nyaman, sampai akhirnya tiba melahirkan dengan adanya flek.

Setiap ibu hamil memiliki pengalaman keluarnya mukus atau lendir dari vagina yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya pada usia kehamilan 38 minggu, 39 minggu atau 40 minggu. Ada yang mengalaminya setelah merasakan mules atau kontraksi ringan tapi ada juga yang mengalaminya tanpa ada kontraksi sebelumnya.

Keluarnya mukus dan flek ini adalah baik, tandanya kita sudah siap untuk menghadapi persalinan. Harus dibedakan mana flek atau mukus yang berarti persalinan sudah dekat dan mukus/flek yang jadi tanda persalinan masih beberapa hari atau minggu lagi. Apakah keluarnya lendir coklat tanda kalau ibu akan bersalin? Berikut penjelasannya.

Ada dua jenis flek bercampur lendir sebelum terjadinya persalinan.

1. Mucus Plug.

Plug mukus sesuai namanya, mucus= cairan kental lengket (lendir) dan plug= penutup atau penyumbat merupakan kumpulan lendir yang menutupi dan melindungi serviks (bibir dan leher rahim) sehingga bakteri jahat atau kuman dari luar tidak masuk ke dalam rahim (uterus).

Mucus plug bersama-sama dengan selaput ketuban akan melindungi janin dari dunia luar sampai bayi lahir.

Seperti apa mucus plug itu?

Mucus plug biasa disebut juga dengan istilah sumbatan leher rahim (SLR) pada kehamilan minggu-minggu terakhir dapat terlepas dan keluar sebagai lendir yang bening atau keputihan seperti warna putih telur. Lendir ini bisa sangat lengket dan gelatinous.

Apa artinya kalau mucus plug lepas?

Sumbat leher rahim

Lepasnya mucus plug adalah salah satu tanda bahwa serviks kita mengalami perlunakan, penipisan dan pembukaan untuk mempersiapkan terjadinya persalinan.

Selama hamil dan menjelang persalinan kita tidak boleh melepas atau mencolek dengan sengaja dengan maksud untuk melepaskan mucus plug ini. Mucus plug seharusnya terlepas sendiri dan melepaskannnya dengan sengaja bisa meningkatkan resiko terjadinya infeksi kehamilan.

Keluarnya mucus plug yang disertai dengan adanya darah berwarna merah segar dalam jumlah banyak moms harus menghubungi dokter. Adanya perdarahan hebat kemungkinan mengindikasikan adanya komplikasi kehamilan seperti plasenta previa atau keadaan berbahaya lainnya.

BACA JUGA:

Berapa lama persalinan akan terjadi dari saat lepasnya mucus (mukus) plug?

Ini sifatnya individual, berbeda setiap wanita. Ada ibu yang mucus plugnya lepas beberapa minggu sebelum melahirkan tapi ada juga yang baru lepas saat persalinannya mulai.

Dari banyak kasus ibu yang mendekati waktu persalinan, mukus plug adalah hal yang sering dikeluhkan atau dilaporkan. Mengira dengan keluarnya mukus plug ini artinya ibu sudah akan melahirkan sehingga mereka biasanya langsung ke rumah sakit.

Berbahayakah apabila mucus plug ini lepas lebih awal?

Mucus plug dapat terlepas berminggu-minggu sebelum perkiraan waktu persalinan dan ini pada dasarnya tidak apa-apa. Kita tidak perlu khawatir karena seviks tetap memproduksi mukus untuk melindungi rahim dari infeksi.

Bolehkah melakukan hubungan seksual meskipun mukus/lendir ini sudah keluar?

Ya, kita tetap boleh melakukan hubungan seks, mandi dan melakukan aktivitas sehari-hari lainnya.

Terlepasnya mucus plug apakah harus selalu ada sebelum persalinan?

Ya, kita sadari atau tidak mucus plug akan selalu terjadi sebelum kita melahirkan.

Apakah terlepasnya mucus plug terjadi sebelum atau setelah ketuban pecah?

Bisa terjadi sebelum atau sesudah ketuban pecah, tapi umumnya terjadi sebelum ketuban pecah. Kita bisa tidak menyadari kalau mucus plug sudah terlepas.

Saat terjadi pecah ketuban atau air ketuban keluar, segera ke rumah sakit sehingga bisa diberikan pertolongan secepatnya dan bisa dinilai bagaimana keadaan bayinya.

2. Bloody show.

Bloody show.

Bloody show adalah sekret (cairan) mukus/lendir yang berwarna pink atau coklat bercampur darah (cairan lengket warna coklat) yang merupakan hasil dari terlepasnya jaringan pembuluh darah pada mulut rahim (serviks).

Ini adalah tanda normal sebelum memasuki masa persalinan yang terjadi di sekitar waktu perkiraan persalinan (due date). Sekret dari vagina dikatakan tidak normal apabila ini ditemukan sebelum usia kehamilan 37 minggu dengan sekret yang berwarna merah terang. Apabila ini terjadi, hubungi dokter dan segera ke rumah sakit.

Berapa lama dari keluarnya bloody show sampai ibu melahirkan?

Biasanya, setelah bloody show muncul persalinan akan terjadi dalam satu atau dua hari. Tapi tidak menutup kemungkinan waktunya melahirkan (kelahiran bayi) sejak keluarnya flek ini akan berlangsung dalam beberapa jam.

Yang jelas, saat mendapatkan bloody show ini bersiaplah untuk menyambut persalinan.

Apa perbedaan mucus plug dan bloody show?

Meskipun keduanya mirip, mucus plug dan bloody show memiliki perbedaan. Mucus plug memiliki konsistensi yang sedikit lebih padat seperti gelatin (lendir padat) sedangkan bloody show lebih encer dengan mukus berwarna pink/coklat bercampur dengan darah.

Adanya bloody show berarti persalinan tidak lama lagi sedangkan mucus plug, persalinan artinya masih lama, masih bisa berlangsung beberapa hari atau minggu.

Apa yang dilakukan saat muncul bloody show?

Keluarnya bloody show biasanya disertai dengan tanda-tanda akan melahirkan lainnya seperti mules akibat kontraksi. Persiapkan diri kita untuk ke rumah sakit, dalam satu atau dua hari kita akan menyambut lahirnya buah hati.

Apabila hanya mendapatkan mucus plug artinya kita masih harus menunggu agak lama sebelum melahirkan.

Keluar flek atau lendir dari vagina tanpa mules atau kontraksi sebelumnya.

Ya, itu bisa saja terjadi keluar lendir darah tapi belum merasakan mules. Setiap ibu hamil dan kehamilan berbeda-beda. Bisa saja kontraksinya terlalu ringan sehingga kita tidak menyadarinya. Keluarnya flek tidak harus didahului dengan kontraksi sebelumnya.

Nah, sudah jelas kan moms kapan harus siap-siap ke rumah sakit untuk melahirkan dan kapan harus tetap santai karena tahu waktunya melahirkan masih lama (belum).


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook, Twitter dan WhatsApp.