Tetap Tampil Cantik Setelah Melahirkan, Kenapa Tidak?

Tetap Tampil Cantik Setelah Melahirkan, Kenapa Tidak?

Semua ibu pasti bahagia menyambut kelahiran buah hatinya. Setelah melahirkan, prioritas Bunda mungkin akan berubah. Perhatian dan fokus kini diberikan untuk merawat bayi yang baru lahir. Hal ini kadang membuat perhatian Bunda berkurang untuk merawat diri sendiri.

Kelahiran bayi dan kehamilan sendiri adalah peristiwa yang akan mengubah perempuan secara drastis. Penampilan yang berubah, perubahan hormon yang drastis adalah beberapa hal yang Bunda alami.

Meskipun demikian, bukan berarti Bunda tidak memiliki pilihan lain.

Setelah melahirkan, Bunda tetap bisa tampil cantik. Menyenangkan diri, mempercantik diri adalah hal terbaik yang bisa Bunda lakukan.

Bunda bisa terlihat cantik dan tetap menarik disaat Bunda merawat dan membesarkan buah hati. Dengan menjadi ibu saja, Bunda adalah orang luar biasa yang istimewa. Dengan berpenampilan menarik dan cantik, Bunda akan lebih percaya diri dan memiliki semangat lebih untuk menjadi ibu yang sempurna bagi si kecil.

Tips menjaga penampilan tetap cantik setelah melahirkan.

Berikut ini tips menjaga penampilan tetap cantik setelah melahirkan.

Meminta bantuan anggota keluarga lain.

Tak semuanya bunda yang harus kerjakan. Menggendong si kecil misalnya, mengganti popok bayi, mengajak si kecil berkeliling melihat-lihat, Bunda bisa meminta bantuan suami atau anggota keluarga lain.

Saat ayah atau neneknya si kecil menemaninya bermain, Bunda bisa menggunakan waktu Bunda untuk bersantai, berbaring dan merawat diri (grooming).

Memulai hari dengan semangat.

Tak bisa dipungkiri, bagaimana kita memulai hari akan menentukan bagaimana kita menjalani hari tersebut. Bagaimanapun letihnya Bunda, berikan waktu beberapa menit untuk mempersiapkan diri. Luangkan waktu untuk mandi dan memakai makeup. Makeup dasar (tipis) dengan sedikit eyeliner dan lip gloss sudah cukup untuk Bunda.

Tentunya gunakan makeup yang aman untuk kulit wajah dan bayi.

Berolahraga.

Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang kapan bisa mulai olahraga pasca melahirkan. Olahraga akan sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran Bunda membuat kelebihan berat bisa cepat hilang dan membuat Bunda merasa lebih baik.

Tidur saat memungkinkan.

Ya, tidur menjadi sesuatu yang berharga bagi ibu setelah bayi baru lahir. Waktu untuk menyusui, mengganti popoknya serta jam tidur bayi yang tidak sama dengan waktu tidur normal membuat ibu sulit mencari waktu yang tepat dan kadang membuat tidur jadi kurang.

Waktu tidur yang kurang akan membuat Bunda tidak bersemangat dan Bunda terlihat letih dan kurang segar.

Meskipun masa ini biasanya terjadi hanya pada awal-awal pasca melahirkan, cobalah untuk tidur dimanapun kapan pun Bunda sempat.

Seiring dengan bertambahnya usia bayi, waktu tidur Bunda biasanya akan mulai teratur.

Memperhatikan makan dan minuman yang dikonsumsi.

Minum air putih yang cukup akan sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran Bunda. Konsumsilah banyak buah dan sayur dan kurangi konsumsi gula dan makanan berlemak.

Menjaga kebersihan diri.

Ya, merawat bayi hari-hari Bunda akan dekat dengan popok kotor bayi, menyusui bayi, makanan (susu bayi) yang lengket dan bau keringat. Ini adalah hal yang lumrah. Meski demikian, Bunda sebaiknya tetap menjaga kebersihan agar tubuh dan pikiran tetap segar.

Berpakaian yang sesuai.

Kini, Bunda sudah mulai bisa memakai pakaian saat Bunda belum hamil. Berpakaianlah sesuai style Bunda yang pas dan cantik tanpa harus membeli pakaian baru.

Ke salon, kenapa tidak?

Saat Bunda memiliki waktu lebih, si kecil sudah ada yang menjaga, pergilah menikmati waktu itu, ke salon atau spa memotong dan merawat rambut, facial, menicure-pedicure, pijat (massage) dan lainnya yang bisa membuat Bunda tampil oke kembali.

Bahkan saat ini ada lho paket spa khusus untuk treatment atau perawatan ibu di masa/pasca nifas.

Mengatasi lingkaran hitam (mata panda) dan kantong mata.

Lingkaran hitam di bawah mata umum ditemukan pada ibu yang baru melahirkan karena waktu tidur yang kurang. Minggu-minggu pertama setelah bayi lahir Bunda akan sibuk mengurus buah hati, menyusuinya, mengganti popoknya jam 2 malam, dll.

Lingkaran hitam ini tidak baik karena akan membuat kita kelihatan lebih tua. Selain itu penumpukan air dalam tubuh akan membuat mata bengkak yang muncul sebagai kantong mata.

Beberapa cara mengatasi kantong mata yang bisa Bunda ikuti:

1. Gunakan bantal yang tebal saat tidur.

2. Kurangi konsumsi air (cairan) sebelum tidur.

3. Berikan potongan mentimun di mata untuk membantu mengurangi kantong mata.

4. Gunakan concealer untuk membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Mengatasi kulit kusam.

Tidur yang kurang akan mencuri tampilan kulit alami kita yang cerah. Untuk mengembalikan kecerahan kulit ikuti tips perawatan kulit di bawah ini:

1. Minum air yang cukup untuk hidrasi tubuh, makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Terpenuhinya kebutuhan cairan dan nutrisi akan menjaga fungsi tubuh, metabolisme dan regenerasi sel tubuh, termasuk sel kulit, berjalan dengan baik.

2. Gunakan pelembab kulit atau body lotion dua kali sehari. Dengan menggunakan lotion, kulit Bunda akan terjaga kelembabannya, menjaga kulit tetap cerah dan sehat.

3. Menggunakan lulur. Ini baik untuk membersihkan kulit dari kotoran yang menempel di tubuh, mencerahkan dan melembutkan kulit.

4. Lakukan skin exfoliating secara teratur, ini bisa dengan menggunakan exfoliating scrub.

Usir jerawat.

Jerawat adalah masalah yang sering dihadapi oleh ibu baru. Berikut ini tips yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasinya:

1. Gunakan sabun pembersih wajah yang mild (ringan) dan tidak mengiritasi (tanpa butiran gel) dua kali sehari. Cuci wajah dengan lembut (gentle).

2. Gunakan obat anti jerawat atau bisa konsultasi ke dokter ahli kulit (dr. Sp.KK).

3. Jaga sarung bantal dan seprei selalu bersih, cuci secara teratur setiap 1 atau 2 minggu.

Itulah beberapa hal penting yang kira-kira perlu Bunda ketahui untuk kembali memiliki penampilan yang menarik. Tidak sulit kan? Kini Bunda bisa membesarkan buah hati disaat masih bisa berpenampilan menarik.

Dengan penampilan yang menarik, Bunda akan lebih bahagia dan tugas-tugas merawat si kecil akan lebih mudah dijalani.


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook, Twitter dan WhatsApp.