Cara Bayi Baru Lahir Melihat, Mendengar Dan Mencium

Cara Bayi Baru Lahir Melihat, Mendengar Dan Mencium

Sebagian kita mungkin berpikir bayi baru lahir bisanya hanya makan, tidur, buang air kecil, pup dan menangis. Sebenarnya tidak, apabila kita perhatikan lebih detail, bayi baru lahir berespon terhadap cahaya, suara dan sentuhan yang membuktikan bahwa sebenarnya dia sudah mulai merasakan dan bereaksi terhadap sesuatu.

Akan sangat menarik mengetahui bagaimana dia melihat dan mendengar, merasakan, dll. Kapan dia bisa mulai melihat dan bagaimana responnya terhadap sentuhan.

Penglihatan bayi awalnya akan kabur dan menjadi jelas dalam waktu beberapa bulan. Level penglihatannya akan sama seperti orang dewasa saat usianya mencapai 3 sampai 5 tahun. Perkembangan fungsi penglihatan dan pendengaran bayi ini menjadi milestone yang bisa moms ikuti.

Mengetahui ini, orang tua bisa terlibat untuk memberikan stimulasi dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi lebih lanjut.

Apakah bayi baru lahir sudah bisa melihat, apa yang bisa dilihatnya?

Bayi bisa melihat objek pada jarak 20-30 sentimeter yang berada di depannya, lebih jauh dari itu penglihatannya akan kabur. Ketika berada di dekat ayah dan ibunya, inilah saat bayi berinteraksi dengan orang tuanya, saat yang tepat untuk melakukan bonding dan menunjukkan kepadanya betapa kita menyanyanginya.

Beginilah penglihatan dan pendengaran bayi baru lahir.
Penglihatan bayi baru lahir (newborn) pada jarak 30 cm, 60 cm dan 120 cm.

Bayi memiliki penglihatan yang sensitif terhadap cahaya terang sehingga dia akan sering membuka mata jika cahaya redup. Ayah dan ibu tidak perlu khawatir jika mendapati mata bayinya seperti tidak fokus, ini normal dimana penglihatannya akan semakin baik dan otot matanya juga akan semakin kuat saat usianya semakin bertambah.

Bagaimana kalau bayi tidak melihat langsung ke wajah orang tuanya?

Tiap bayi berbeda-beda. Ada bayi baru lahir yang sudah bisa langsung menatap wajah moms tapi ada juga bayi yang menoleh tidak fokus. Bayi baru lahir, ada yang bisa fokus melihat ke benda dan wajah saat bayi lainnya membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dan beradaptasi dengan keadaan di sekitarnya. Semua ini normal dan moms tidak perlu khawatir. Keadaan ini dipengaruhi oleh usia kehamilan dan keadaan personal bayi.

Cara stimuli fungsi penglihatan bayi baru lahir.

Berikan bayi sesuatu yang bisa dilihatnya untuk stimulasi penglihatan. Bayi baru lahir suka melihat wajah manusia, karenanya luangkan waktu untuk menatap dan berinteraksi dengannya dari dekat. Dia juga menyukai objek kontras yang berbentuk, warna yang kontras dan gerakan. Mainan atau gambar hitam-putih dapat membuat bayi tertarik lebih lama dibandingkan objek atau gambar dengan warna yang banyak.

Cara stimuli fungsi penglihatan bayi baru lahir.
Tempatkan gambar seperti ini di dekat bayi untuk stimuli penglihatannya. Bayi menyukai objek kontras hitam putih.

Bayi juga menyukai saat melihat dirinya di depan cermin, suka dengan refleksi objek yang berubah saat bergerak di depan cermin.

Bayi bisa mengikuti gerakan moms yang lambat bila dia terjaga dan tenang (tidak bisa mengikuti gerakan yang cepat). Penglihatannya akan semakin baik seiring dengan bertambahnya umur bayi.

Apakah bayi baru lahir bisa mendengar? Apa yang bisa didengarnya?

Sebenarnya bayi sudah bisa mendengar sejak dia berada di dalam kandungan. Pendengaran bayi sudah berkembang sejak di dalam rahim. Suara ibu, suara orang di rumah, detak jantung dan bunyi gerakan saluran cerna ibu adalah dunianya sebelum dia lahir.

Setelah bayi lahir, suara luar yang dulu didengarnya kini tiba-tiba jadi lebih keras dan jelas sehingga dia mungkin akan kaget jika mendengar suara yang nyaring tiba-tiba. Tapi dia bisa sangat tenang jika mendengar suara seperti suara vacuum cleaner, TV, AC dan mesin cuci.

Bagi bayi, suara manusia terutama ibu dan ayahnya adalah musik favorit baginya. Dia tahu sumber kehangatan, makanan dan sentuhan dari mana. Anda mungkin akan takjub bagaimana dia akan dengan cepat tenang ketika saat menangis dia mendengar Anda datang menghampirinya. Melihat bagaimana dia mendengar saat Anda berbicara atau bernyanyi untuknya.

Apakah bayi baru lahir sudah bisa mencium dan merasa pahit atau manis?

Bayi baru lahir sudah bisa merasakan dan mencium sehingga akan lebih memilih rasa yang manis dibandingkan yang pahit. Dia akan minum dari botol susu yang rasanya manis dan akan menolak atau menangis jika dia diberikan air yang rasanya hambar atau pahit. Sama halnya dia akan menyukai bau yang wangi dan menghindari bau yang tidak mengenakkan.

Itulah sebabnya bayi akan lebih mudah minum obat yang rasanya manis dan menolak minum yang rasanya pahit atau tidak enak.

Bayi akan mengeksplor rasa dan terus berkembang di usia satu tahun pertamanya. Apa yang dimakan oleh ibu akan ikut mempengaruhi rasa ASI. Itu yang kemudian akan membentuk preferensi anak terhadap rasa. Jadi, kalau seorang ibu misalnya menyukai makanan yang pedas dan menyusui bayinya, anaknya tersebut kemungkinan besar di kemudian hari, juga akan menyukai makanan yang pedas.

Pentingnya sentuhan.

Bayi merasa melalui tatapan dan sentuhan, dia belum mengerti apa yang kita katakan. Dengan sentuhan bayi belajar tentang kehidupan dan semua yang berkaitan dengan itu. Saat dia berada dalam kandungan dia merasa hangat, nyaman dan aman tapi setelah lahir dia akan mengenal dunia baru yang dingin dan berbeda.

Pastikan bayi merasa nyaman dengan memberinya pakaian dan selimut yang lembut, mendapat kasih sayang dan perlindungan dengan ciuman, pelukan hangat dan belaian cinta.

Bagaimana kita mengetahui apabila bayi mengalami gangguan penglihatan atau pendengaran?

Ayah dan ibu bisa melakukan tes praktis untuk memastikan indera bayi berfungsi dengan baik atau tidak.

Cara menilai penglihatan bayi:

– Dalam keadaan tenang dan perhatiannya sedang tidak teralihkan saat bayi terjaga, lihat apakah dia akan berbalik kepada Anda atau kepada mainan. Jika mata bayi berbalik membutuhkan waktu agak lama, hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lanjut.

– Gerakan mata bayi yang tidak biasa atau penampakan mata seperti berkabut, Anda harus konsultasi juga ke dokter.

Cara tes pendengaran bayi baru lahir:

Untuk mengetes fungsi pendengaran bayi. Perhatikan apakah dia kaget jika mendengar suara yang tiba-tiba dan cukup keras di dekatnya. Apakah dia menjadi tenang saat mendengar suara Anda? Apakah dia berespon terhadap suara musik atau nyanyian nina bobo yang lembut?


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook dan WhatsApp.