Jam Tidur Bayi Sesuai Usianya. Kapan Tidurnya Teratur?

Jam Tidur Bayi Sesuai Usianya. Kapan Tidurnya Teratur?

Orang tua baru akan mendapati bayi memiliki pola atau jam tidur yang berbeda dengan orang dewasa. Bayi tidur hampir sepanjang hari dan bangun hanya untuk menyusu adalah normal, dan itu tidak akan berlangsung lama, setelah beberapa bulan pola bangun dan jam tidur bayi akan menjadi semakin teratur.

Bayi baru lahir dan bayi yang berusia 1 atau 2 tahun memiliki pola tidur yang berbeda. Begitu pun antara bayi yang satu dengan bayi yang lain memiliki pola tidur yang beragam.

Mengetahui pola tidur bayi akan membuat Moms lebih siap merawat bayi terutama di hari-hari pertama pasca melahirkan sekaligus bisa mempersiapkan diri mengantisipasi masalah yang mungkin akan timbul seperti Moms menjadi kurang tidur dan lelah.

Pola tidur bayi. Bolehkah ia dibangunkan untuk menyusu?

Merawat bayi bisa sangat melelahkan dan menguras energi. Meski demikian, yakinlah hari melelahkan ini akan kita lewati karena tidak akan berlangsung terus-menerus.

Setelah memasuki usia 1 bulan, waktu tidurnya akan berkurang dan akan semakin berkurang setelah usianya 4-6 bulan sampai ia menjadi lebih besar dan waktu tidurnya akan sama dengan waktu tidur orang dewasa.

Pola tidur bayi.

Kenapa bayi tidur terus sepanjang hari?

Mungkin ada yang bertanya kenapa bayi tidur terus sepanjang hari? Jawabannya adalah karena bayi memiliki irama sirkardian (circardian rhythms) yang belum berkembang tidak seperti kita. Tapi itu ada baiknya karena bayi bisa tidur dengan tenang kapan pun tanpa melihat siang atau malam.

Meskipun demikian periode tidur bayi sebenarnya singkat, dia bisa hanya tidur beberapa menit atau beberapa jam sebelum bangun untuk memenuhi kebutuhannya.

Bayi baru lahir memiliki lambung yang kecil sehingga dia juga cepat lapar. Dia akan bangun setiap beberapa jam untuk makan.

Berapa lama bayi baru lahir tidur?

Bayi baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Mereka tidur sampai 18 jam sehari, terbangun hanya 1-3 jam. Periode tidurnya terbagi hampir sama antara siang dan malam. Sebagian besar bayi baru lahir tidur antara 8-9 jam di siang dan malam hari.

Di masa awal-awal kelahiran bayi ini, waktu tidur Moms mungkin akan jadi tidak teratur. Tapi jangan khawatir, seiring bertambahnya usia bayi, ritme tidurnya akan semakin sama dengan kita. Selain itu ada cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatur ini.

Berikut ini tabel lama tidur bayi sesuai usianya:

Usia BayiLama Tidur Di Siang Hari
(Jam)
Lama Tidur Malam
(Jam)
Total
(Jam)
Bayi baru lahir88.516.5
1 bulan6-78-914-16
3 bulan4-510-1114-16
6 bulan31114
9 bulan2.51113.5
12 bulan2.51113.5

Berdasarkan tabel di atas kita bisa melihat, setelah berusia 1 bulan waktu tidur malam bayi akan semakin panjang dan tidur siangnya akan semakin berkurang.

Di usia 9 sampai 12 bulan waktu tidur bayi akan sedikit berkurang dimana di usia ini bayi mungkin akan sulit untuk tidur. Ketidak nyamanan akibat tumbuh gigi di usia ini mungkin akan membuatnya rewel dan lebih lama terjaga.

Nah, bagaimana dengan bayi Moms apakah pola tidurnya mirip dengan yang di atas? Lama tidur seperti di atas hanya gambaran umum saja ya Moms, setiap bayi akan memiliki kebiasaan dan jam tidur yang beragam.

Bayi Moms bisa saja memiliki waktu tidur yang lebih lama atau lebih singkat. Begitu pun, durasi tidur siang dan malamnya bisa saja terbalik, malamnya tidurnya singkat sedangkan siangnya bisa terlelap lebih lama.

Perbedaan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti kebiasaan Moms atau kebiasaan di keluarga Moms, usia bayi, keadaan bayi dan waktu menyusui.

Membangunkan bayi untuk mendapatkan ASI (susu).

Menurut Asosiasi Dokter Anak Amerika, bayi baru lahir memiliki kemampuan untuk memisahkan dirinya dari dunia luar untuk memenuhi kebutuhan tidurnya. Tidak heran jika bayi tetap bisa tidur nyenyak meskipun ada suara bel, telepon, tv dan suara aktivitas lainnya di rumah.

Meski dia kelihatannya tidur sepanjang waktu, kebutuhan makannya jangan sampai diabaikan.

Di lima atau enam minggu pertama (bayi sampai usia 1,5 bulan) jangan biarkan bayi tidur lebih dari 5 jam. Bangunkan dia tiap 4 jam untuk disusui agar berat badannya cepat naik. Bayi yang lahir prematur dapat diberikan makan lebih sering dibandingkan dengan bayi yang lahir cukup bulan.

Tips cara membangunkan bayi yang tidur.

Jika ingin membangunkan bayi, pertama dekati dengan lembut, berbicaralah atau bernyanyi. Angkat dia lalu tepuk pipinya atau colek kakinya. Beberapa bayi tidak suka jika bajunya dibuka atau terkena aliran udara. Moms bisa memadukan stimulasi fisik dan mengganti bajunya untuk membangunkannya atau berpura-pura mengganti popoknya meskipun yang sedang dipakainya masih bagus.

Cara yang lebih drastis Anda bisa memandikannya. Harus dicatat bahwa membangunkan bayi dengan sengaja hanya untuk menyusuinya (memberikan makan).

Kapan waktu tidur bayi menjadi lebih teratur?

Ketika usianya mencapai 2 bulan, tidurnya akan lebih panjang kurang lebih 8 jam di malam hari dan terbangun lebih lama di siang hari. Dalam 3 tahun pertama, waktu tidurnya akan mirip dengan orang dewasa dengan kebutuhan tidur siang yang semakin berkurang.

Apabila waktu tidur bayi Moms terlalu lama dari biasanya atau mengalami gangguan tidur apalagi disertai dengan gejala lainnya yang tidak biasa seperti bayi kuning dan lain-lain konsultasilah dengan dokter Moms.


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook, Twitter dan WhatsApp.