Hal Yang Penting Disiapkan Dan Dilakukan Sebelum Bayi Lahir

Hal Yang Penting Disiapkan Dan Dilakukan Sebelum Bayi Lahir

Ayah dan Bunda, menjelang waktunya melahirkan ada banyak hal di kepala kita tentang ini dan itu yang perlu dilakukan dan disiapkan. Semakin dekat hari persalinan membuat kita bertanya-tanya, apakah semuanya sudah benar-benar sudah siap?

Untuk membantu Ayah dan Bunda mempersiapkan persalinan, kami akan memberikan daftar hal-hal yang perlu dilakukan sebelum bayi Ayah dan Bunda lahir. Mudah-mudahan dengan daftar/list ini Ayah dan Bunda bisa benar-benar mengetahui apa yang perlu disiapkan dan tidak perlu dibingungkan dengan hal-hal yang tidak perlu atau penting.

Persiapannya tidak melulu harus berhubungan dengan perlengkapan ibu dan bayi tapi hal lainnya juga seperti di bawah ini:

Konfirmasi dan menentukan rumah sakit tempat akan melahirkan.

Tempat persalinan biasanya ditentukan oleh asuransi yang kita gunakan dan dokter yang menjadi langganan kita saat hamil. Kalau kita menggunakan asuransi BPJS, kemungkinan ada biaya yang tidak ikut ditanggung sehingga kita perlu bertanya ke rumah sakit tempat kita akan melahirkan.

Dokter Obgin (obstetri dan ginekologi, ahli kebidanan) biasanya memiliki beberapa tempat praktek atau rumah sakit. Diskusi dengan dokter obgin Bunda dimana sebaiknya melahirkan dan pertimbangkan sesuai dengan kenyamanan dan asuransi Bunda.

Tiap rumah sakit biasanya memiliki pelayanan yang berbeda, ada yang menyediakan ruang bayi ada pula yang rawat gabung dengan ibu, ada yang paketnya sudah termasuk dengan obat-obatan adapula yang belum, dll.

Tidak ada salahnya kalau kita sedikit ‘cerewet’ dan menanyakan setiap detailnya, jangan sampai kita menyesal kemudian.

BACA JUGA: Tanda-tanda Dan Gejala Yang Ibu Rasakan Saat Akan Melahirkan

Dan yang lebih paling penting, pertimbangkan jarak dari rumah kita ke rumah sakit. Ini terutama diperlukan apabila terjadi emergency atau tiba-tiba harus ke rumah sakit karena ketuban pecah.

Mengikuti kelas melahirkan dan kelas ibu menyusui.

Ini akan sangat baik apabila kita memiliki waktu lebih. Biasanya di kota besar kita tidak akan kesulitan menemukan kelas atau pelatihan ibu menyusui atau kelas melahirkan.

Dengan lebih siap, kita akan semakin percaya diri dan tekanan yang dirasakan karena tidak tahu apa yang akan dihadapi atau bingung apa yang sebaiknya dilakukan akan bisa diminimalisir.

Menyusui bisa sangat merepotkan bagi ibu baru untuk memberikan asi eksklusif bayinya. Menyusui eksklusif bisa gagal hanya karena posisi menyusui yang salah, tidak mengetahui bagaimana agar asi tetap lancar, dan lain-lain.

Mempersiapkan diri merawat bayi.

Ayah dan Bunda bisa sejak sekarang belajar bagaimana merawat bayi yang benar. Merawat dan membesarkan bayi tidak ada sekolahnya atau tidak diajarkan di sekolah. Adalah inisiatif kita sendiri untuk belajar sehingga kita tidak akan melakukan kesalahan dalam merawat bayi atau menjadi tertekan karena tidak bisa mengatasi masalah yang muncul dalam pengasuhan bayi.

Belajarlah dari buku tentang perawatan bayi, terutama 1 tahun pertama bayi karena inilah fase yang paling krusial pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Saat bayi lahir, pastikan kita sudah siap menjadi ibu yang baik. Tidak perlu waktu banyak untuk belajar tentang perawatan bayi. Kita biasanya lalai atau menganggap remeh hal ini padahal akan sangat berguna untuk kita dan bayi.

Memilih dokter anak.

Ya, tidak hanya dokter kebidanan, setelah bayi lahir kita akan selalu membutuhkan dokter anak. Entah saat bayi kita sakit atau saat dia harus diimunisasi.

Di rumah sakit besar, setelah bayi lahir, apakah kita melahirkan normal atau dengan operasi cesar, dokter anak biasanya sudah stand by dan akan langsung memeriksa bayi kita, menilai APGAR skor dan keadaan umum bayi lainnya.

Mempersiapkan perlengkapan dan pakaian bayi baru lahir.

Mempersiapkan perlengkapan dan pakaian bayi baru lahir.

Mempersiapkan bisa berarti membeli yang baru atau mencuci perlengkapan bayi yang lama. Cuci perlengkapan, selimut, pakaian, semua yang akan kontak dengan kulit bayi (meskipun pakaian baru). Ada baiknya mempersiapkan itu semua seminggu atau dua minggu sebelum perkiraan tanggal melahirkan sehingga kita sudah siap saat pulang ke rumah.

Kulit bayi baru lahir sangat sensitif dan gampang alergi. Gunakan detergen atau sabun yang hipoalergik, tidak menyebabkan alergi/iritasi. Saat ini banyak tersedia di supermarket detergen yang khusus untuk bayi.

Menyiapkan dan mencoba memasang car seat.

Di negara kita mungkin belum umum penggunaan car seat untuk bayi saat bepergian, tapi untuk keselamatan bayi, penggunaan car seat ini sangat dianjurkan.

Pemasangan car seat bisa sangat menyulitkan bagi yang belum tahu. Untuk itu, cobalah memasangnya di mobil sebelum bayi lahir sehingga kita terbiasa dan tidak perlu repot lagi kalau bayi sudah harus menggunakannya.

Persiapkan makanan.

Saat pulang dari rumah sakit dan sampai di rumah kita tidak perlu lagi dipusingkan dengan mempersiapkan makanan.

Stok makanan di dalam freezer yang siap diolah kalau di rumah tidak ada yang membantu. Beberapa hari pertama bersama bayi mungkin akan memerlukan waktu untuk kita beradaptasi dengan keadaan yang baru.

Setelah beberapa hari atau minggu, keadaan akan lebih terkendali seiring dengan kondisi ibu yang semakin baik pasca melahirkan.

Siapkan tas untuk rumah sakit, perlengkapan melahirkan ibu dan tas perlengkapan bayi.

Sebelumnya sudah kami bahas di tulisan lainnya. Siapkan tas untuk dibawa ke rumah sakit, 1 khusus untuk ibu dan 1 lagi tas khusus untuk perlengkapan bayi.

Menjelang hari persalinan, simpan tas tersebut di mobil atau di dekat pintu keluar. Apa yang sebaiknya dibawa ke rumah sakit sudah kami jelaskan di tulisan tersebut.

BACA JUGA: Agar Proses Melahirkan Dilalui Dengan Cepat. Efek Persalinan Terjadi Sangat Cepat

Dengan melakukan hal-hal kecil seperti ini, merencanakan dengan detail sebelum waktu melahirkan akan menghemat waktu dan energi kita, membuat kita lebih tenang menghadapi persalinan.

Persiapkan cara mengumumkan kelahiran bayi.

Sebelum hari H, kita bisa merencanakan bagaimana akan mengumumkan tentang kelahiran bayi. Bisa dengan menyimpan draft SMS tentang kelahiran buah hati untuk teman dekat/keluarga, pesan lewat Whatsapp, Line atau Facebook.

Mempersiapkan tempat tidur bayi.

Tempat tidur bayi bisa kita pasang sebelum bayi lahir. Tempat tidur ini bisa ditempatkan di kamar Ayah Bunda kalau ingin sekamar dengan bayi. Sekamar dengan bayi memiliki banyak manfaat seperti memudahkan bonding, ibu tidak perlu repot ke kamar sebelah apabila bayi rewel/menangis, memperlancar proses menyusui dini atau ASI eksklusif dan memudahkan kita mengawasi bayi.

Di negara kita masih banyak bayi yang tidur di tempat tidur bersama ibunya. Pastikan saja, ia selalu aman terutama saat dia sudah mulai bisa berbalik/merangkak karena banyak kasus, bayi jatuh dari tempat tidurnya.

Jangan lupa merawat diri sendiri.

Ya, berikan waktu kepada diri sendiri untuk santai dan rileks. Tak ada salahnya ke salon untuk potong/merawat rambut, pedicure, ke mall mencari pakaian atau tas yang akan dipakai di rumah sakit atau sekedar ke toko perlengkapan bayi untuk melihat-lihat baju bayi yang lucu.

Tak ada alasan untuk Bunda untuk mengabaikan diri sendiri atau tidak melakukan hal yang menyenangkan.


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook dan WhatsApp.