Tentang Pemulihan Setelah Operasi Caesar

Tentang Pemulihan Setelah Operasi Caesar

Menjalani operasi caesar kita mungkin bertanya-tanya berapa lama pemulihan saya, berapa lama sampai luka bekas operasi sembuh, kapan saya keluar dari rumah sakit dan lain-lain.

Operasi caesar atau yang di dunia medis lebih dikenal dengan istilah sectio cesarea (atau c-section) adalah operasi yang cukup besar dan membutuhkan pemulihan yang cukup lama dibandingkan kalau kita melahirkan secara normal (per vagina).

Pemulihan setelah operasi caesar cepat atau tidaknya berbeda-beda setiap ibu, tergantung penyembuhan luka dan ada atau tidaknya komplikasi.

Berikut ini adalah jawaban atas pertanyaan yang berhubungan dengan pemulihan pasca operasi caesar seperti berapa lama sampai nyeri pasca operasi sesar hilang, berapa lama sampai luka bekas operasi sembuh/hilang, kapan boleh mandi dan bagaimana ibu menjalani hari-hari pasca operasi caesar.

Berapa lama biasanya kita berada di rumah sakit kalau dicaesar, kapan boleh pulang?

Saat berada di rumah sakit, biasanya persiapan sebelum menjalani operasi cukup lama karena harus mempersiapkan diri sebelum operasi (mengganti baju dengan baju operasi, dll), dibius lalu masuk ke kamar operasi. Operasinya sendiri tidak terlalu lama, umumnya berlangsung 1-2 jam.

BACA JUGA: Hubungan Intim Setelah Melahirkan. Sakit, Berdarah Setelah Berhubungan Normalkah?

Setelah operasi sesar kita bisa menginap di rumah sakit 2-4 hari. Jadi tidak sampai seminggu, kalau keadaan Moms baik, tanpa komplikasi, kita bisa pulang.

Nyeri setelah menjalani operasi caesar.

Setelah operasi kita akan diberikan obat minum untuk mencegah infeksi dan mengurangi nyeri. Nyeri bisa ringan sampai sangat nyeri. Nyeri umumnya disebabkan oleh kontraksi rahim untuk kembali ke ukuran normalnya seperti sebelum hamil. Itu baik karena itu akan mencegah perdarahan pasca melahirkan dan mempercepat pemulihan.

Kalau dokter sudah mengizinkan untuk bergerak, kita bisa bangun pagi dan melakukan latihan ringan yang masih aman dan dalam batas yang membuat kita nyaman.

Kapan jahitan pasca operasi caesar dilepas?

Biasanya saat operasi dokter akan menggunakan benang untuk menjahit luka yang bisa diserap dan menyatu dengan kulit sehingga tidak perlu dilepas lagi.

Kalau pun menggunakan benang biasa, saat mencabut benang kita mungkin akan merasakan sedikit sakit. Tidak perlu khawatir karena dokter akan melakukannya dengan hati-hati dan lembut. Benang akan dilepaskan setelah kering dan itu bisa seminggu atau lebih.

Kapan bisa mandi setelah operasi caesar?

Setelah lukanya kering atau jahitannya dilepas (yang menggunakan benang biasa) Moms bisa mandi. Perlu diperhatikan kalau luka akibat operasi caesar itu ada yang di dalam dan ada yang di luar (yang tampak oleh kita dengan bekas jahitan) dan biasanya membutuhkan waktu untuk sembuh seminggu atau beberapa minggu.

Dokter bisa saja memberikan plester/perban kedap air sehingga Moms bisa mandi apabila merasa ingin dan nyaman tapi untuk pastinya tanyakan ke dokter. Apabila terjadi komplikasi/infeksi penyembuhan bisa lebih lama, oleh karena itu jaga luka bekas operasi tetap bersih dan kering.

Berapa lama pemulihan pasca operasi caesar?

Setelah operasi sesar Moms membutuhkan waktu untuk pulih sekitar 4-6 minggu. Luka bekas operasi mungkin masih akan nampak jelas (garis merah) selama 3 bulan dan membutuhkan waktu tahunan sampai bekas lukanya hampir hilang.

Kapan saya bisa menggunakan korset pasca melahirkan?

Ibu yang melahirkan dengan operasi bisa merasakan di bagian bawah tubuhnya longgar seperti yang dirasakan oleh ibu yang melahirkan secara normal. Penggunaan korset akan membantu kita pulih ke keadaan sebelum hamil lebih cepat.

Gunakan korset yang tidak mengganggu pemulihan luka bekas operasi.

Apakah ibu yang lebih tua, pemulihannya pasca operasi caesar akan lebih lama?

Tidak. Meskipun secara fisik ibu yang lebih muda berbeda dengan ibu yang lebih tua (usia saat hamil lebih dari 35 tahun), lama penyembuhan lukanya sama dengan ibu yang berusia lebih muda. Meskipun demikian, ibu dengan penyulit saat hamil kemungkinan akan membutuhkan waktu pemulihan pasca melahirkan yang lebih lama.

Apakah saya tetap bisa menyusui setelah operasi caesar?

Ya, operasi caesar tidak menghalangi Moms untuk memberikan ASI ke bayi.

BACA JUGA: Operasi Caesar, Saat Melahirkan Normal Tidak Memungkinkan

Ibu yang melahirkan normal atau operasi caesar memiliki kemampuan yang sama untuk memproduksi ASI.

Apakah ibu yang operasi caesar akan (tetap) memiliki naluri ibu?

Ya. Moms tetaplah ibu bagi buah hati yang baru saja lahir yang memberinya kasih sayang, yang memperhatikannya, yang menyayanginya dan yang memenuhi semua kebutuhannya.

Moms tidak perlu merasa rendah diri atau merasa bersalah karena harus menjalani proses melahirkan tanpa proses persalinan normal. Setiap proses melahirkan adalah spesial dan melahirkan normal atau operasi semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Nikmati setiap momen bersama buah hati karena itu adalah pengalaman yang istimewa.

Apakah saya bisa hamil lagi setelah operasi caesar?

Ya tentu saja bisa tapi kita harus ingat bahwa kita baru saja mengalami operasi yang tidak hanya ‘melukai’ perut kita tapi juga rahim. Berikan waktu tubuh untuk sembuh dengan baik sebelum merencanakan hamil lagi.

BACA JUGA: Menstruasi Pertama Setelah Melahirkan. Moms Bisa Hamil Tanpa Haid Dulu

Gunakan alat kontrasepsi jika melakukan hubungan seksual pasca melahirkan.

Kalau begitu, kapan saya bisa hamil lagi?

Kita harus menunggu paling tidak setahun. Dokter biasanya akan merekomendasikan hamil lagi setelah 2 tahun, memberikan waktu yang cukup untuk pulih sempurna dan siap lagi untuk hamil.

Ada baiknya setelah menjalani operasi sesar, moms berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan kontrasepsi yang tepat.

Apakah saya bisa melahirkan normal setelah sebelumnya menjalani operasi caesar?

Pada prinsipnya bisa tapi ada hal lain yang dipertimbangkan. Untuk menghindari resiko seperti rahim (uterus) ruptur (pecah) dokter biasanya akan merekomendasikan ibu yang pernah mendapat operasi caesar melahirkan dengan cara caesar (lagi).

Ibu yang pernah mendapatkan operasi caesar akan memiliki dinding uterus yang lebih tipis dan bekas luka di rahim dapat ruptur.

Berapa kali saya bisa melahirkan dengan cara operasi caesar?

Ini adalah hal yang sering ditanyakan oleh ibu yang pernah menjalani operasi sesar. Tidak sedikit ibu yang khawatir kesempatannya untuk memiliki anak menjadi terbatas.

Sebenarnya tidak ada batasan ibu yang melahirkan secara caesar berapa kali, bisa 4-5 dst, tapi perlu diingat, semakin sering ibu mendapatkan operasi akan semakin besar resikonya untuk mendapatkan komplikasi seperti plasenta akreta. Keadaan dimana plasenta (ari-ari) melekat kuat di dinding rahim dan susah dilepaskan.

Kehamilan dan melahirkan dengan operasi caesar akan menguras energi Moms. Tetaplah berpikir positif dan ikuti anjuran dokter untuk mempercepat pemulihan. Bagaimanapun buah hati Moms mengharapkan ‘perhatian’ Moms.


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook, Twitter dan WhatsApp.