Tips Agar Cepat Sembuh Dari Operasi Caesar Yang Moms Bisa Ikuti

Tips Agar Cepat Sembuh Dari Operasi Caesar Yang Moms Bisa Ikuti

Setiap ibu menginginkan persalinan yang mudah dan lancar, tanpa penyulit (komplikasi), hanya perlu mendorong sedikit dan lahirlah buah hati kita. Tapi tidak selamanya bisa seperti itu, kadang ibu harus melahirkan dengan induksi atau dengan operasi caesar (bedah sesar).

Setiap jenis persalinan apakah melahirkan normal (per vagina) atau dengan operasi (sectio cesarea) memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Melahirkan normal atau operasi semuanya istimewa. Moms tidak perlu merasa sedih karena tidak bisa melahirkan normal dan harus menjalani operasi cesar.

Yang terpenting adalah ibu dan bayi sehat.

Kalau ibu melahirkan dengan operasi, masa pemulihannya mungkin akan lebih lama. Tapi tak perlu khawatir. Ada hal-hal yang moms bisa lakukan agar proses recovery dari operasi cesar bisa berlangsung cepat, ibu tak perlu menghabiskan waktu lebih banyak merasakan nyeri, capek dan bosan. Ibu juga akan memiliki waktu lebih banyak untuk dekat (bonding) dengan buah hati.

1. Menjaga makanan dengan nutrisi yang baik.

Menjaga makan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, sehat dan seimbang penting bagi ibu pasca melahirkan sebagaimana halnya saat hamil dulu.

Selain untuk kesehatan ibu juga untuk menjaga kebugaran ibu untuk menyediakan asi bagi bayinya. Dengan makan makanan yang bervariasi dan bergizi akan menjaga kita tetap sehat dan kuat, menyediakan asi yang optimal bagi bayi.

Dalam penelitian diketahui bahwa ibu yang rajin mengonsumsi sayur akan mentransfer aroma sayur ini ke asinya yang dikonsumsi oleh bayi. Di kemudian hari ini akan meningkatkan kesukaan anak terhadap sayur.

Selain makanan bergizi, ibu dianjurkan untuk menjaga asupan cairan dengan minum air dan ju. Ini akan menjaga ibu tetap fit dan mengurangi resiko susah buang besar (konstipasi).

Di masa pemulihan pasca operasi cesar, tubuh memerlukan zat-zat penting dari makanan seperti vitamin untuk membantu tubuh memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak. Zat-zat ini akan membantu pemulihan/penyembuhan dari proses melahirkan dan operasi lebih cepat.

2. Istirahat yang cukup.

Bayi yang baru lahir, 1 sampai 2 hari tidak harus langsung disusui karena ia masih memiliki cadangan makanan dari ibunya. Ibu tetap bisa menyusui bayi segera setelah lahir dan memulai proses IMD (inisiasi menyusui dini) tapi ibu tidak perlu terlalu terobsesi untuk memberikan asi bayinya terus-menerus di 24 jam pertama pasca melahirkan.

Minta bantuan suami atau keluarga untuk mengurus bayi seperti mengganti popoknya, menggendongnya dan menidurkan sehingga ibu bisa beristirahat.

Saat di rumah, minta bantuan orang untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci, memasak dan membersihkan rumah.

Operasi caesar adalah operasi besar sama seperti operasi lainnya yang berat. Tubuh kita akan memerlukan waktu untuk pulih. Ibu yang sudah menjalani operasi sesar biasanya akan dirawat di rumah sakit selama 3 sampai 4 hari dan bisa lebih lama apabila ibu mengalami komplikasi, misalnya ibu tidak bisa kencing.

BACA JUGA: Menstruasi Pertama Setelah Melahirkan. Moms Bisa Hamil Tanpa Haid Dulu

Tentu tidak mudah merawat bayi, memberinya asi di saat ibu juga harus pulih dari luka operasi. Untuk itu manfaatkan waktu sebaiknya untuk beristirahat. Jika moms sulit tidur, berbaringlah di tempat tidur dan pejamkan mata meskipun terjaga.

3. Menjaga diri sendiri.

  • Selama masa pemulihan jaga diri moms baik-baik. Hindari melakukan pekerjaan berat yang memerlukan tenaga fisik. Hindari naik turun tangga, mengepel, membersihkan kamar mandi, dll.
  • Hindari mengangkat beban berat yang beratnya lebih besar dari bayi kita, misalnya mengangkat ember air, memompa air, dll.
  • Dekatkan perlengkapan bayi sehingga mudah dijangkau saat kita perlukan. Misalnya popok gantinya, wash lap, makanan bayi, mainan bayi dll.
  • Luka bekas operasi sesar memerlukan waktu untuk sembuh (kering). Saat batuk dan bersin, tahan perut agar tekanan tidak berlebihan pada perut. Jaga bekas operasi agar tidak basah. Biasanya pasca operasi, dokter akan menutup bekas luka operasi dengan perban yang anti air sehingga ibu tetap bisa mandi.
  • Hindari melakukan hubungan seks, hindari melakukan olahraga dulu, jangan masuk kerja sebelum diizinkan oleh dokter.
  • Saat berjalan usahakan untuk pelan/hati-hati tapi bukan berarti kita dilarang untuk bergerak sama sekali karena gerakan akan membantu mencegah terjadinya bekuan darah dan konstipasi (sulit bab karena pencernaan statis).
  • Jika merasa bosan, kesal, stres, tertekan bicarakan dengan orang lain, teman dekat, pasangan, keluarga atau dokter. Memiliki bayi baru pada ibu tertentu bisa membawa perubahan emosional yang besar dan tidak pernah dirasakan sebelumnya.

4. Kurangi nyeri, minum obat dari dokter secara teratur.

Dokter biasanya akan memberikan resep agar pemulihan pasca operasi sesar bisa berlangsung cepat. Biasanya ibu akan mendapatkan antibiotik dan obat anti nyeri. Obat ini insya Allah (kalau dokter yang meresepkan) akan aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Dengan melakukan ini semua, ibu akan lebih cepat sembuh dan bisa lebih cepat maksimal dalam merawat buah hati. Tidak ada hal lain yang lebih dari ini yang bisa ibu lakukan untuk mempercepat pemulihan pasca operasi caesar.

BACA JUGA : Hubungan Intim Setelah Melahirkan. Sakit, Berdarah Setelah Berhubungan Normalkah?

Biarkan tubuh mengambil perannya untuk memulihkan dirinya sendiri dan kita tinggal mendukung dengan melakukan hal-hal di atas.

5. Hati-hati saat mengalami hal-hal berikut, langsung ke dokter atau rumah sakit apabila mengalaminya.

Luka operasi akan kering sendiri dan akhirnya sembuh dalam beberapa hari atau minggu. Pada beberapa kasus, di bekas luka operasi mungkin akan keluar darah dan nyeri sedikit sampai selama beberapa minggu. Ini normal.

Tapi, apabila mendapati gejala berikut segera hubungi dokter atau ke rumah sakit:

  • Kemerahan, bengkak atau ada nanah pada bekas luka operasi.
  • Nyeri sekitar luka operasi.
  • Demam lebih dari 38 derajat celsius.
  • Ada bau tidak enak dari luka atau rongga vagina.
  • Ada darah banyak (flek hebat) keluar dari vagina.
  • Merah dan bengkak pada kaki.
  • Sulit bernapas.
  • Nyeri dada dan atau nyeri payudara.
  • Hubungi segera dokter apabila merasa sedih, tertekan dan bahkan ada dorongan untuk menyakiti bayi.

Nah, itulah moms hal-hal yang perlu diketahui agar bisa pulih lebih cepat dari operasi caesar. Tidak perlu membanding-bandingkan keadaan moms dengan keadaan ibu lainnya yang juga pernah mendapatkan operasi sesar.


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu Moms dan Dads lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook, Twitter dan WhatsApp.