Ibu Hamil Tak Bisa Makan Nasi, Bahayakah Bagi Janin Dan Kehamilan?

Ibu Hamil Tak Bisa Makan Nasi, Bahayakah Bagi Janin Dan Kehamilan?

Saat ini Anda mungkin hamil 2 atau 4 bulan tapi tidak bisa makan nasi. Merasa nafsu makan berkurang, mual apabila menyentuh nasi. Beberapa ibu hanya mengalami mual tanpa disertai muntah, beberapa ibu lainnya mengalami gejala yang lebih berat. Ini tentu membuat ibu menjadi tidak nyaman, merasa khawatir dengan keadaan janin yang dikandung.

Semua ketidaknyamanan ini dikontribusi oleh perubahan hormonal yang bersama dengan perubahan fisik menyebabkan perubahan mood, perubahan tubuh (fisik) pada ibu hamil seperti rahim yang membesar, nyeri (rasa tidak nyaman) pada daerah perut dan lainnya.

Apakah aman jika ibu hamil tidak makan nasi?

Nasi adalah makanan yang sering kita konsumsi dan merupakan sumber energi utama agar kita dapat melakukan aktivitas dan tetap aktif. Ketika hamil dan tidak memungkinkan untuk mengonsumsi nasi kita seakan tidak memiliki pilihan lain selain nasi. Padahal tidak, ada berbagai alternatif pilihan makanan lainnya yang bisa kita konsumsi sebagai sumber karbohidrat seperti pisang, kentang, ubi, singkong, roti gandum, biskuit, crackers, mie, makaroni, jagung dan lain-lain.

Nasi selain mengandung karbohidrat memang mengandung zat gizi penting lainnya yang diperlukan oleh ibu hamil seperti vitamin diantaranya thiamin, riboflavin, vitamin D, mineral seperti zat besi, kalsium dan fiber (serat) tapi semua zat nutrisi ini bisa kita dapatkan dari makanan lain.

Jadi, selama bumil bisa menjaga kebutuhan nutrisinya dengan mendapatkan semua zat gizi dan mineral dari makanan sehat dan bergizi lainnya, ibu tidak perlu khawatir.

Keadaan yang kita kenal dengan istilah morning sickness atau hiperemesis gravidarum ini pun biasanya hanya berlangsung di trimester pertama kehamilan dan akan hilang dengan sendirinya setelah kehamilan memasuki kehamilan trimester dua.

Pilihan makanan lain sebagai pengganti nasi

Bagi ibu hamil yang tidak suka makan nasi atau tidak memungkinkan mengonsumsi nasi karena mual dan penyebab lainnya ada banyak pilihan makanan sumber karbohidrat lainnya.

  1. Pisang.

Tahukah kita kalau pisang itu mengandung 20-an persen karbohidrat. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin dan mineral seperti: kalium, potassium, vitamin B6 dan vitamin C. Potassium ini baik untuk membantu menurunan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

  1. Apel.

Buah apel dapat mengandung sampai 15 persen karbohidrat, mengandung vitamin C, antioksidan dan lainnya.

  1. Ubi jalar.

Ini adalah makanan sederhana yang enak dan bergizi, mengandung karbohidrat dan serat. Vitamin seperti vitamin C, provitamin A, potassium dan antioksidan juga terkandung di dalam makanan ini.

  1. Singkong.

Singkong juga merupakan makanan yang baik yang mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, serat, mineral kalium, magnesium, fosfor dan kalsium. Selain itu, juga mengandung vitamin A dan vitamin C.

  1. Jagung.

Jika ibu merasa mual makan nasi, merasa tidak ada makanan yang bisa masuk, ibu bisa mencoba jagung.

Jagung mengandung nutrisi yang dibutuhkan saat hamil seperti thiamin, folat, fosfor, vitamin C dan magnesium. Mengandung serat agar ibu hamil terhindar dari sembelit atau susah BAB.

Jagung ini baik karena memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil yang memiliki keadaan pra-diabetic.

  1. Kentang.

Kentang merupakan makanan sumber karbohidrat pengganti nasi yang memiliki nutrisi penting seperti vitamin A, B6, C, thiamin, riboflavin, folat, magnesium, zat besi. Kandungan seratnya termasuk yang lebih besar daripada nasi sehingga baik untuk ibu hamil yang memiliki masalah dengan sulit buang air besar.

Ibu memiliki banyak pilihan untuk mengolah kentang seperti dikukus, dimasak sup dan direbus. Hindari konsumsi dengan menggoreng dan konsumsi yang lebih dari 4 porsi sehari.

  1. Mie, bihun dan berbagai jenis tepung.

Mie dan bihun mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor dan zat besi yang diperlukan oleh ibu hamil.

Dari begitu banyaknya makanan jenis mie ini, ibu hamil tentu tidak perlu lagi bingung mencari makanan lain selain nasi.

  1. Roti gandum.

Ini merupakan salah satu makanan sehat yang selain mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh ibu hamil juga mengandung vitamin dan mineral (vitamin E, kalsium, magnesium, folat, zinc, fosfor), antioksidan serta serat untuk membantu pencernaan.

Makanan ini juga mengenyangkan dan membuat kita lebih tahan lapar, membantu menjaga berat badan karena memiliki kalori dan indeks glikemik yang rendah.

Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi mual yang muncul di masa hamil sehingga ibu tidak merasa terlalu terganggu dan menjamin kehamilan dan janinnya memperoleh nutrisi yang cukup.

Tips mengatasi mual saat hamil:

  • Makanlah dengan porsi yang kecil dan sering, hindari makan dalam porsi yang besar. Bagilah porsi makan dalam beberapa kali per hari.
  • Makanlah makanan yang agak kering sebagai makanan pembuka seperti biskuit atau roti bakar untuk menghindari mual.
  • Menghindari makanan yang berbau atau memiliki rasa, aroma yang merangsang.
  • Menghindari minum jus yang agak asam, termasuk kopi, susu, teh dan coklat jika merasa mual.
  • Morning sickness (sesuai namanya) biasanya terjadi di pagi hari sehingga ibu bisa mencoba bangun di pagi hari secara perlahan-hati, tidak terburu-buru karena itu akan merangsang lambung dan membuat ibu mual.

Jika setelah menerapkan beberapa tips ini, mual dan muntah ibu masih tetap berlangsung atau bertambah berat, menyebabkan ibu sampai lemah segera hubungi dokter.

Nah, itulah penjelasan tentang aman tidaknya ibu hamil jika tidak makan nasi serta beberapa jenis makanan pengganti nasi yang baik, makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin serta mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Semoga bermanfaat.