Menyiapkan-Perlengkapan-Melahirkan-Penting-Tapi-Jangan-Lupakan-Ini

Menyiapkan Perlengkapan Melahirkan Penting Tapi Jangan Lupakan Ini

Menghadapi masa persalinan yang semakin dekat Anda tentu perlu menyiapkan beberapa hal. Dengan persiapan melahirkan yang baik, persalinan akan lebih mudah, aman dan lancar.

Perlu persiapan yang baik agar proses melahirkan dapat dilalui dengan lancar. Kita perlu menyiapkan beberapa hal seperti packing barang yang akan dibawa ke rumah sakit, persiapan tempat tidur bayi, dll.

Konsultasi dengan dokter tentang pilihan cara melahirkan.

Banyak hal yang perlu kita bicarakan dengan dokter kandungan tentang rencana persalinan. Diantaranya, di rumah sakit mana akan melahirkan, metode atau cara melahirkan apakah normal atau caesar, obat-obat atau tindakan yang kira-kira akan didapatkan saat melahirkan.

Biasanya pilihan rumah sakit atau rumah bersalin akan mengikuti dokter kandungan (obstetrik ginekolog). Dokter obgin biasanya bertugas di beberapa rumah sakit. Tentukan rumah sakit di mana Anda akan melahirkan sesuai preferensi Anda. Cari tahu tentang fasilitas dan paket yang ditawarkan oleh rumah sakit tersebut. Bagaimana dengan biaya, pilihan kamar, di mana kamar bayinya, apakah bayi dan ibu nanti dipisah dan lain-lain.

Pilihan metode persalinan:

Metode melahirkan ini akan disesuaikan dengan kondisi Anda dan bayi. Dokter akan menyarankan metode tertentu dan membicarakannya dengan Anda sehingga apapun metode yang diambil adalah atas persetujuan Anda.

Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan.

Melahirkan Normal.

Pembiusan sebelum melahirkan dengan caesar

Melahirkan dengan normal akan dipilih apabila tidak ada komplikasi dan bisa dilakukan dengan lancar. Dengan melahirkan normal, masa pemulihan untuk ibu akan lebih cepat dibandingkan dengan melahirkan dengan caesar.

BACA JUGA: Beragam Cara Mengurangi Nyeri Melahirkan, Epidural Salah Satunya

Efek samping dari penggunaan obat-obat anestesi (bius) juga tidak ada selain luka akibat operasi  di perut yang menimbulkan bekas juga tidak ada.

Kalaupun ada luka, biasanya akibat robekan vagina di jalan lahir yang memerlukan penjahitan. Luka ini akan sembuh dan akan kembali seperti sebelumnya apabila dijahit dengan rapi.

Operasi caesar (seksio cesarea).

Dengan operasi caesar ibu akan dibius sebagian sehingga Anda tidak akan merasakan sakitnya melahirkan akibat kontraksi seperti saat melahirkan dengan normal.

Ada kalanya rencana persalinan normal akan menjadi persalinan caesar apabila persalinan normalnya lama (persalinan tidak ada kemajuan), karena kontraksi yang lemah, gawat janin dan lain-lain.

Metode lain, water birth.

Melahirkan dengan metode Water Birth.

Ini adalah metode melahirkan yang cukup populer saat ini karena menawarkan persalinan yang lebih painless (lebih sedikit nyeri) dan lebih rileks, dilakukan di dalam kolam kecil dengan air hangat tapi persalinan tetap aman.

Dipercaya juga bahwa dengan metode ini luka jalan lahir akibat persalinan bisa diminimalisir.

Berdasarkan saran dokter dan ibu-ibu yang pernah melahirkan, hal-hal berikut ini sebaiknya calon ibu siapkan sebelum melahirkan:

Mengikuti kelas persiapan melahirkan.

Melahirkan tidak harus selalu melelahkan dan menyakitkan. Dengan persiapan yang baik dan tehnik yang tepat, persalinan dapat dilalui dengan lebih lancar dengan masa pemulihan pasca melahirkan yang lebih cepat.

Dengan mengikuti kelas persiapan melahirkan, calon ibu akan belajar teknik relaksasi dan pernapasan yang penting diketahui untuk membantu proses melahirkan.

Mengetahui tentang dasar-dasar menyusui.

Menjadi ibu jangan berharap kita akan melaluinya dengan mudah. Kita tidak bisa berharap bayi akan dengan mudah menyusui, berat badannya pasti akan naik otomatis tiap bulan dan sebagainya.

Kita tetap harus belajar bagaimana menyusui yang benar, bagaimana posisi menyusui yang tepat, bagaimana agar air susu ibu (ASI) produksinya tidak kurang, sehingga bayi setiap bulan berat badannya naik.

Dengan pengetahuan yang cukup, merawat dan membesarkan bayi tidak harus selalu merepotkan dan membuat kita stres.

Semua itu hanya bisa didapatkan dengan belajar, bisa dari mengikuti kelas menyusui, belajar dari buku atau bertanya dari komunitas atau forum tentang ibu menyusui.

Tak sedikit ibu yang kesulitan dan frustasi hanya karena masalah menyusui ini. Jadi penting untuk terus belajar dan berpikiran terbuka.

Tempat tidur bayi.

Siapkan tempat tidur bayi (boks bayi) Anda sejak awal. Carilah tempat tidur bayi yang aman dan nyaman dan ikuti cara pemasangannya yang benar untuk menhindari potensi bahaya untuk bayi kita.

Persiapan perlengkapan rumah sakit.

Siapkan tas yang akan dibawa ke rumah sakit beserta perlengkapannya, baik untuk bayi maupun ibu. Persiapkan dalam jumlah cukup selama Anda dan bayi berada di rumah sakit.

Stok makanan dan minuman di rumah.

Datangnya anggota keluarga baru dan kondisi Anda yang memerlukan pemulihan setelah melahirkan membuat Anda tidak akan lebih leluasa setelah kembali ke rumah.

Simpanlah makanan yang gampang dipanaskan di kulkas atau di freezer sehingga Anda dan suami tidak perlu repot keluar untuk mencari makanan. Siapkan bumbu dan potong-potong sayur dan bahan makanan lainnya lalu simpan di kulkas sehingga gampang Anda olah nantinya.

Siapkan cemilan, snack, susu dan makanan lainnya yang enak dan bernutrisi yang bisa Anda konsumsi cepat dengan praktis.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan delivery untuk memesan makanan yang kini banyak disediakan oleh restoran terkenal.

Bersihkan rumah dan selesaikan semua pekerjaan.

Selain alasan, kita tidak akan memiliki waktu yang banyak setelah kembali ke rumah, mendapati rumah yang bersih dan teratur setelah melalui proses melahirkan yang melelahkan akan membuat kita merasa lega dan lebih fresh.

Minta bantuan orang lain atau keluarga, bisa juga dengan dibantu suami untuk membersihkan rumah.

Persiapkan car seat.

Car seat penting disiapkan agar mobilisasi bayi akan lebih mudah dan aman.

Persiapkan kendaraan.

Mempersiapkan kendaraan tidak kalah pentinya karena itulah yang akan kita gunakan untuk mengantar ke rumah sakit. Kita tidak pernah tahu kapan Anda akan melahirkan, jam berapa, dll.

BACA JUGA: Berlatih Pernapasan Yang Benar Agar Melahirkan Normal Lancar

Pastikan kendaraan bisa digunakan dan siap setiap saat. Jika tidak memiliki kendaraan roda empat, pikirkan sebelumnya apakah dengan meminjam punya teman atau kerabat, apakah ada anggota keluarga yang bisa dihubungi dan dimintai bantuan kapan saja untuk mengantarkan Anda.

Bersenang-senanglah selagi sempat.

Ya, umur kehamilan Anda yang semakin tua dan kandungan yang semakin besar bukan halangan bagi Anda untuk memanfaatkan waktu yang ada. Ke salonlah, spa atau tempat lainnya yang bisa membuat Anda rileks dan senang.

Siapa yang akan jadi dokter anak si kecil.

Biasanya teman atau keluarga sudah memiliki rekomendasi dokter anak. Yang perlu diketahui, apabila teman atau anggota keluarga Anda cocok dengan dokter anak tertentu bukan berarti Anda akan cocok dengan dokter tersebut.

Memilih dokter yang tepat adalah cocok-cocokan, pilihlah sesuai dengan pertimbangan Anda dan menurut Anda tepat untuk si kecil.

Dokter dengan biaya konsultasi besar dan pasien yang banyak tidak otomatis adalah yang terbaik untuk anak kita.

Bagaimana cara kita mengumumkan kelahiran sang buah hati ke kerabat.

Ada yang cukup simpel saja dengan mengirimkan pesan sederhana (sms, wa, bbm) ke teman atau kerabat tapi tak jarang yang mempersiapkannya dengan membuat cards ucapan.

Kelahiran bayi adalah momen bahagia yang akan dengan senang Anda sampaikan ke kerabat. Tidak ada salahnya mempersiapkan cara pengumuman kelahiran buah hati Anda jauh sebelum waktu melahirkan.

Peran suami:

Agar proses melahirkan Anda mudah, aman dan lancar, peran partner atau suami akan sangat penting. Bantuan fisik dan support psikis dari suami akan membantu istri mengurangi beban yang dihadapinya.  Baik sebelum persalinan, proses persalinan sampai pasca persalinan.

Support ini juga yang akan membantu istri mengurangi efek depresi pasca persalinan atau baby blues yang kadang dialami ibu.

Nah, apakah kita sudah siap menyambut kedatangan anggota keluarga baru? Silahkan share pengalaman Anda.


Cek tulisan terbaru.
Lihat tips dan topik lainnya.

Bantu ayah dan ibu lainnya dengan share tulisan ini ke Facebook dan WhatsApp.